Wakili Gubernur Babel, Ini Pesan Syahrudin Bagi Calon Jema’ah Haji Babel

0
240

RedBabel, Pangkalpinang- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum Politik Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahruddin, melepas keberangkatan 181 calon jemaah haji Kabupaten Bangka yang tergabung dalam kloter tujuh. Syahruddin menjelaskan, perjalanan haji adalah perjalanan yang suci dan mulia dihadapan Allah. Selain itu, perjalanan haji menggunakan dana yang tidak sedikit, juga memerlukan kesiapan fisik dan mental dan pengetahuan tentang ibadah haji. Karena kesiapan dan kesanggupan dan istikharah merupakan syaratnya bagi mereka yang ingin menunaikan ibadah haji, hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu.
“Perjalanan haji dapat dianalogikan sebagai jihad kecil”, Ujarnya, Kamis (26/07) saat pelepasan keberangkatan calon jemaah haji, di Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kep.Bangka Belitung. Sesuai dengan surat Al Imran Ayat 97 mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
Berdasarkan kuota nasional untuk  kuota haji Provinsi Kepuluan Bangka Belitung sebanyak 1069, dimana jumlah tersebut sama seperti tahun 2017. Jumlah tersebut dibagi dalam tiga kloter, yaitu kloter, 7,8,9. Ia berpesan agar para jemaah haji untuk selalu melakukan enam hal, yaitu pertama meluruskan niat, yaitu semata – mata berhaji karena Allah SWT. Kedua bersihkan hati dan berperilaku yang terpuji selama melaksanakan ibadah haji dan ketiga mengamalkan ajaran yang telah diajarkan selama manasik sehingga rukun haji menjadi sempurna. Keempat, laksanakan ibadah haji dengan sabar, tenang dan tawadhu dalam keadaan apapun. Kelima, jagalah pantangan, jangan sibuk berbelanja, hindari larangan dan maksiat selama melaksanakan ibadah haji. Keenam jalankan rukun dan sunah haji.
“Semoga haji bapak ibu dapat di terima Allah SWT”, Pesannya. Sementara itu H. Muhammad Ridwan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjelaskan, jemaah haji Provinsi Babel yang sudah siap diberangkatkan sebanyak 1061 jemaah  ditambah dengan 6 org TPHD. Menurut Ridwan, tahun ini ada tiga orang jemaah  haji  asal Babel yang tidak bisa berangkat. Dari jumlah tersebut, satu orang gagal berangkat karena meninggal dunia, yang merupakan jamaah asal Pangkalpinang, dan dua orang lainnya gagal berangkat karena sakit dan sedang hamil. “Semoga perjalanan bapak ibu diberikan kemudahan dan kelancaran, dan semua dapat menjaga kesehatan”, Pesannya. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.