Wakil Gubernur Babel: Terima Kasih Para Pejuang Bangsa

0
235

RedBabel, Pangkalpinang- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perjuangan yang telah diberikan oleh para pejuang kemerdekaan dalam meraih kemerdekaan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur pada acara ramah tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, janda pahlawan, wredhatama, warakawuri dan angkatan 45, bertempat di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada hari Jum’at (17/08) siang. Wakil Gubernur mengungkapkan bahwa para pejuang kemerdekaan telah mengorbankan harta bahkan sekaligus nyawa agar Indonesia dapat terbebas dari penjajahan.

“Selama tiga ratus lima puluh tahun kita dijajah Belanda, kemudian 3,5 tahun Jepang menjajah Indoensia. Selama tujuh puluh tiga tahun kita merdeka, mari renungkan bersama apakah kita semua sudah mampu mewujudkan tujuan konstitusi Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Apakah kita semua telah mampu memenuhi hak-hak dasar warga negara”, Kata Wagub. Wakil Gubernur mengingatkan supaya kita semua dapat memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan. “Jika  telah pintar dan sehat, maka  kita tidak mudah untuk diadu domba”, Jelasnya. Pada kesempatan tersebut, Effendi Matjik, veteran dari Kabupaten Bangka menggambarkan perjuangan bangsa Indoenesia meraih kemerdekaan dari tangan penjajah. “Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, untuk itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan”, Ujar Effendi.

Veteran yang sekarang berusia 86 tahun tersebut menuturkan bahwa penjajah Indonesia sangat kejam. “Mereka terus memeras tenaga masyarakat Indoensia dan membawa sumber daya alam kita. Apalagi Romusha diterapkan pada saat penjajahan oleh Jepang, dimana orang Indonesia dipekerjakan secara paksa oleh penjajah Jepang,” kenang Effendi. Effendi mengingatkan bahwa para pejuang kemerdekaan telah banyak berkorban untuk bangsa dan negara. “Semoga rakyat Indonesia dapat mengisi kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak menyia-nyiakan perjuangan mereka”, Harap Effendi.

Dalam ramah tamah tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan santunan masing-masing sebesar dua juta rupiah kepada para perintis kemerdekaan, veteran, janda pahlawan, wredhatama, warakawuri dan angkatan 45. Secara simbolis pemberian santunan diberikan kepada Abdul La Bonga (Pangkalpinang), Effendi Maktjik (Bangka), Ibu Soliyah (Bangka), Ibu Admi Husin (Bangka Selatan), Parta (Veteran dari Bangka Barat), Moch Wiki (Veteran/Angkatan 45 dari Belitung Timur) dan Fatimah Tahor (Bangka Tengah). Hadir dalam acara ramah tamah tersebut adalah Forum Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah dan pejabat esselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Ketua I PKK dan Ketua Dharma Wanita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta para pejuang serta para tamu undangan lainnya. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.