Wagub Babel: Masyarakat Perlu Mewarisi Nilai Luhur Kepahlawanan

0
193

RedBabel, Pangkalpinang- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada hari Sabtu (10/11/2018).

Dalam sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengatakan 10 November merupakan peringatan untuk mengenang pertempuran di Surabaya tujuh puluh tiga tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia merdeka.

“Peringatan Hari Pahlawan penuh sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semagat baru mewarisi nilai patriotisme dalam membanguan bangsa Indonesia,” ujar Wakil Gubernur.

Menurut Wakil Gubernur, Hari Pahlawan tahun 2018 yang mengusung tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. “Olehh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” jelas Wakil Gubernur.

Di Hari Pahlawan, Wakil Gubernur berharap menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk instropeksi diri dan sejauh mana dapat mewarisi nilai nilai kepahlawanan. “Selanjutnya kita perlu melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” lanjut Wakil Gubernur.

Diakhir amanahnya Wakil Gubernur mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada serta menorehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. “Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,”  hara Wakil Gubernur.

Hadir dalam upacara tersebut adalah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Veteran, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Selesai upacara peringatan Hari Pahlawan,  Wakil Gubernur menyerahkan penghargaan kepada veteran, istri veteran serta siswa berprestasi. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.