Wagub Babel: Mari Sambut Duta Seni FLS2N 2018 di Bangka Belitung

0
510

RedBabel, Pangkalpinang- Perhelatan akbar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional akan digelar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 26 Agustus s.d. 2 September 2018. Duta-duta seni dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Pangkalpinang akan mempersembahkan kemampuannya dalam bidang seni dan budaya untuk menjadi yang terbaik. Ribuan orang, diperkirakan mulai Minggu tanggal 26 Agustus 2018 akan mulai berdatangan ke Negeri Serumpun Sebalai. Festival Lomba Seni Siswa Nasional, yang dikenal dengan sebutan FLS2N merupakan agenda rutin tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipercayakan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan FLS2N untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK).

Sementara itu pada tahun 2017, provinsi yang menjadi tuan rumah kegiatan FLS2N Tingkat Nasional dipercayakan kepada Provinsi Jawa Timur. Kali ini, kegiatan FLS2N Tahun 2018 mengusung tema “Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter.” Tujuan penyelenggaraan FLS2N tidak hanya memfasilitasi peserta didik di bidang seni untuk berprestasi saja, namun juga untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). FLS2N menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. FLS2N diharapkan dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi.

Dipercayakannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah kegiatan FLS2N jenjang SD, SMP, dan PKLK menjadi kebanggaan dan keberkahan bagi masyarakat Bangka Belitung. Bangga, karena akan banyak mata melirik negeri Serumpun Sebalai ini. Berkah, tentunya mereka yang datang akan berbelanja dan menikmati keindahan dan kuliner di Bangka Belitung. Untuk itu, sebagai tuan rumah sudah selayaknya kita menyambut tamu-tamu yang datang demi suksesnya kegiatan ini. Suksesnya kegiatan tidak hanya pada penyelegaraan, tapi juga bagaimana sembutan yang ramah dari tuan rumah. Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, meminta agar Bangka Belitung bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi kegiatan FLS2N Tingkat Nasional jenjang SD, SMP, dan PKLK.  “Oleh karena itu, tunjukkan pada semua bahwa kita adalah tuan rumah yang baik bagi tamu-tamu kita. Masyarakat harus ramah, menyapa, dan menyambut para duta seni dari seluruh Indonesia”, Kata Wagub.

Semua harus merasa memiliki rasa tanggung jawab untuk menyukseskan kegiatan ini. Memberikan rasa aman kepada peserta yang datang dari seluruh Indonesia tentunya bukan hanya tugas pihak keamanan, namun tugas bersama dari seluruh masyarakat Bangka Belitung umumnya dan masyarakat Kota Pangkalpinang khususnya. Keramahtamahan dan kebersahajaan tentuny harus diberikan kepada para tamu yang datang. Pembukaan kegiatan FLS2N akan dilaksanakan Senin, 27 Agustus 2018 dimulai pukul 08.00 WIB yang berlangsung di GOR Sahabudin. Sedangkan untuk lomba dilaksanakan di tempat yang berbeda, sesuai dengan jenjang bidang lomba yang dikompetisikan.

Ada 1.901 peserta, pendamping, juri,  dan oficial yang akan mengikuti kegiatan ini. Jumlah itu akan bertambah menjadi 2.000 orang lebih, yang itu akan ikut pula para orang tua, pendamping dari dinas pendidikan kabupaten, dinas pendidikan kota dan dinas pendidikan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Untuk jenjang SD, lomba Menyanyi Solo akan dilaksanakan di Sun Hotel, lomba Seni Tari dilaksanakan di Gedung Graha Timah, lomba Pantomim dilaksanakan di Hotel Grand Mutiara, dan lomba Gambar Bercerita dilaksanakan di Hotel Bangka City. Sementara untuk jenjang SMP, lomba Musik Tradisional dan Tari Tradisional dilaksanakan di Alun-alun Taman Meredeka Pangkalpinang. Lomba Desain Poster dilaksanakan di SMP St. Theresia Pangkalpinang, Lomba Gitar Classic dilaksanakan di Cordela Hotel, dan lomba Menyanyi Solo dilaksanakan di Hotel Puncak.

Sedangkan untuk jenjang PKLK, lomba Menyanyi solo (SDLB), Menyanyi solo (SMPLB/SMALB), dan MTQ (SMPLB/SMALB) dilaksanakan di Soll Marina. Lomba Pantomim (SMPLB/SMALB), Melukis (SDLB, SMPLB, SMALB) dilaksanakan di Novotel, sedangkan lomba Menari (SMPLB/SMALB) dan lomba Design Grafis (SMPLB, SMALB). Mari sukeskan pelaksnanaan FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2018 jenjang SD, SMP, dan PKLK di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.