Wagub Babel Hadiri Musrenbang Nasional Rancangan RPJMN 2020-2024

0
120

RedBabel, Jakarta- Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah menghadiri Musrenbang Nasional Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Musrenbangnas ini dibuka Presiden RI Joko Widodo. Dihadiri Ketua Lembaga Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju,Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK),  Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia dan Kementerian PPN/Bappenas.
Dalam arahannya Presiden Jokowi terus menekankan pada pembangunan lima tahun kedepan tetap fokus pada lima prioritas nasional.

“Pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan memperkokoh fondasi untuk bersaing dengan negara-negara lain. Menyambungkan pembangunan infrastruktur yang sebelumnya sudah dibangun ke kawasan-kawasan industri, kawasan-kawasan industri pertanian, produksi perikanan, kawasan wisata yang ada disetiap provinsi di setiap daerah,” tegas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, setelah pembangunan infrastruktur itu selanjutnya tugas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggencarkan promosi besar-besaran guna mendatangkan wisatawan lokal maupun luar negeri.

“ Setelah konsentrasi ke Labuan Bajo, Manado, Jogja, Mandalika dan Danau Toba , kemudian melanjutkan KemenPU dan Kemenhub untuk membangun yang lima  berikutnya, Bangka Belitung, Wakatobi, Bromo, Raja Ampat dan Morotai,”ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan mengenai pembangunan SDM, kualitas SDM adalah pekerjaan 5 tahun kedepan agar bisa bersaing dengan negara lain. Urusan kematian Ibu dan Anak perlu diperbaiki serta masalah stunting (kurang gizi). Fondasi infrastruktur akan kuat jadi pengembangan SDM berhasil. Ini perlu kerjasama antara pusat dan daerah.

Di samping soal stunting, Presiden juga ingin agar pemerintah daerah mendukung program kartu prakerja dan mempermudah masuknya investasi di daerah yang tujuan utamanya adalah penciptaan lapangan pekerjaan. Demikian juga dengan program pengurangan pajak bagi perusahaan-perusahaan yang menggelar pelatihan bagi pekerjanya.

“Ini tolong juga nanti daerah ikut mendorong dan menginformasikan ini. Yang melakukan training kepada para pekerja, yang hasilnya kelihatan akan diberikan pengurangan pajak. Ini semua negara melakukan, kita mulai tahun depan juga melakukan,” ucapnya.

Selanjutnya Jokowi menyampaikan mengenai penyederhanaan birokrasi (reformasi birokrasi). Kecepatan merespon setiap perubahan-perubahan yang ada di dunia. Kita perlu birokrasi ramping dan flekibel. Eselon II,III, IV sedang dikaji untuk dipangkas.

Disamping itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa tema RPJMN 2020-2024 adalah Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

“Dan agenda pembangunan RPJMN 2020-2024 yaitu Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya SaingRevolusi Mental dan Pembangunan KebudayaanMembangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Abdul Fatah menjelaskan arah Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 ada berbagai hal perubahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo dan Kemenko menuju percepatan.

“Intinya menyangkut infrastruktur masih tetap dilanjutkan kemudian dengan pembangunan infrastruktur akan membuka akses-akses yang mengakibatkan terjadinya pertumbuhan ekonomi. Dari pertumbuhan ekonomi, masing-masing pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten/Kota harus cermat melihat terhadap ruas-ruas infrastruktur,” ungkap Abdul Fatah.

“Katakanlah jalan, kemudian jalan tersebut masih perlu ditindaklanjuti menuju sektor-sektor maka harus dilakukan pembangunannya. Baik melalui tataran pemerintah provinsi, kabupaten dan kota,”tambahnya.

Sesuai dengan Visi Babel Sejahtera, Provinsi Maju, Yang Unggul di Bidang Inovasi Agropolitan dan Bahari. Dengan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik Yang Efisien dan Cepat berbasis Tekhnologi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.