UMKM Babel Promosikan Produk di Rakornas Kepala Bappeda se-Indonesia

0
282

RedBabel, Bangka Tengah- Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung terus berupaya memperkenalkan berbagai produk yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ke berbagai masyarakat daerah lain di Indonesia, baik melalui acara pameran maupun bazar yang digelar di Babel maupun diluar Babel. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung Hj. Elfiyena mengatakan, promosi produk UMKM adalah salah satu prioritas yang dinilai sangat penting dilakukan. Hal itu agar berbagai produk yang dihasilkan oleh UMKM lebih dikenal masyarakat luas.
“Kita giatkan promosi produk UMKM. Kita manfaatkan segala event di Babel untuk promosikan produk hasil UMKM kepada masyarakat luar dan pada akhirnya diharapkan hasil “produk rumahan” tersebut dapat bertahan ditengah semakin gencarnya  produk dari luar negeri, ujarnya saat ditemui pada acara Rakornas Kepala Bappeda se-Indonesia di Hotel Novotel Bangka, Rabu (5/09). Gelaran produk UMKM pada acara Rakornas Kepala Bappeda se-Indonesia ini, Dinas Koperasi dan UKM menampilkan 140 produk unggulan hasil produksi 30 pelaku UMKM. Produk-produk ini diyakini mampu menarik minat para peserta rakornas untuk membelinya sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan seperti batik cual, rajutan, getas, kricu, madu pelawan, kue lapis susu, sirup jeruk kunci, terasi, lada, dan berbagai handycraft lainnya yang memiliki keunikan dan khas Bangka Belitung.
“Apa yang kita lakukan ini tujuan utamanya untuk lebih mengenalkan berbagai produk UMKM kita kepada seluruh masyarakat Indonesia”, Katanya. Ia berharap, dengan adanya gelar produk pada event-event seperti ini pelaku UMKM bisa mempromosikan produk unggulan Babel, sehingga bisa memperluas jaringan pasar. “Ini bisa menjadi branding mereka, karena yang datang kan dari jauh-jauh, dari seluruh Indonesia”, Harapnya.
Milla, salah satu pelaku UMKM mengatakan bahwa gelar produk seperti ini sangat baik untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luar. Dan pada kali ini, Milla Rajutan menampilkan berbagai produk rajutan. Salah satunya adalah sepatu rajutan. Sepatu rajutan diproduksi dalam berbagai warna dan ukuran. “Sepatu rajutan ini cukup diminati para peserta. Baru digelar saja, sudah beberapa sepatu yang laku terjual”, Ucapnya. Ia mengharapkan dengan mengikuti kegiatan seperti ini, produk rajutan hasil karyanya bisa semakin dikenal. “Moga produk rajutan ini semakin dikenal dan disukai masyarakat”, Tuturnya. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.