Terkait Serapan Anggaran Pemprov. Babel, Pj Gubernur Suganda Harapkan Hal Ini

0
62

RedBabel-PANGKALPINANG — Rapat Evaluasi APBD Tahun 2022 dan Tahun 2023 serta Paparan Hasil Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), masih berlanjut pada hari kedua, Kamis (4/5/23), di Ruang Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur, Air Itam Pangkalpinang.

“Pada prinsipnya tidak berbeda dengan kemarin, saya menginginkan serapan anggaran itu bisa baik. Tidak hanya serapan, tetapi juga output yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan yang ada pada setiap Perangkat Daerah, bisa menyentuh langsung pada kepentingan publik,” ujar Pj Gubernur Suganda.

Artinya, anggaran yang digelontorkan itu tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak penting, melainkan bermanfaat bagi masyarakat Kep. Bangka Belitung.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS), menjadi Perangkat Daerah pertama yang memaparkan Hasil RKPD-nya, target dan realisasi anggaran tahun 2022/2023, anggaran dan serapannya, dan langsung ditanggapi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Suganda Pandapotan selaku pemimpin rapat evaluasi.

Paparan berikutnya dilanjutkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, SatpolPP, Perindag, semua Biro di Lingkungan Setda Prov. Kep. Babel, Sekretariat DPRD, BPBD, Bakuda, BKPSDMD, Badan Penghubung, Inspektorat Daerah, dan Bakesbangpol.

Lebih lanjut, Perangkat Daerah juga memaparkan kinerja sekaligus capaian dinas tahun 2022/2023, serta kendala-kendala yang menyebabkan rendahnya serapan anggaran realisasi. Menanggapinya, Pj Gubernur Suganda mengulik dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan, _input_, dan juga masukan untuk perbaikan.

Salah satu yang ia sarankan adalah, mengonsep kegiatan UMKM yang sebelumnya dikoordinasikan dengan Kabupaten/Kota secara bersama-sama, yang dapat menjadi pola baru untuk menggiatkan perekonomian yang ada, sekaligus secara bersamaan menjalankan program prioritas menurunkan angka kemiskinan, stunting, dan juga inflasi.

Hal tersebut dikatakannya disesuaikan dengan lokus program yang ada di masing-masing kabupaten. Dalam hal ini, akan melibatkan dinas terkait, PKK, Dekranasda, Kepolisian, Danrem, dan stakeholder lainnya.

“Jadi, kita akan turun sama-sama, keroyokan ke kabupaten/kota, dan saya yakin ini akan sangat efektif dalam rangka menjaga kondisi yang ada, dalam hal ini inflasi Kep. Bangka Belitung sudah baik, sehingga kehadiran Pemprov, Forkopimda, dan Perangkat Daerah, dapat dirasakan di semua kabupaten/kota yang ada,” ujarnya.

Menurut Pj. Gubernur Suganda, sejauh ini kendala-kendala yang dihadapi Perangkat Daerah adalah cara kerja yang mungkin harus diperbaiki, cara kerja monoton yang melihat sesuatu secara lurus-lurus saja. Yang artinya, kita harus melihat sesuatu dari berbagai sisi.

“Jadi hari ini, saya mengajak teman-teman khususnya di Provinsi Kep. Bangka Belitung, untuk menjadi pekerja yang sifatnya konvensional, tetapi inovatif dan kreatif,” tambahnya.

Sehingga dirinya berharap, serapan anggaran Prov. Kep. Babel dapat berjalan baik, kegiatan-kegiatan dan program yang ada bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, dan tentunya pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin bagus. Dari sisi fiskal, sesuai dengan tujuan otonomi daerah dan akan semakin kuat.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.