Terima Bekal Soft Skills dan Leadership, Mahasiswa Baru STIH Pertiba Ikuti PKKMB

0
184

RedBabel-PANGKALPINANG — Sejumlah rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), diikuti lebih dari 80 orang mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Bangka (STIH Pertiba) Tahun  Akademik 2022 – 2023.

Kegiatan yang dilakukan sejak 2 September 2022 hingga ditutup Sabtu sore (3/9/2022) itu, diresmikan oleh Ketua STIH Pertiba Pangkalpinang, Dr. H. Yandi, S.H. M.H.

Menurut Yandi, kegiatan PKKMB merupakan tahapan dalam menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi dari pelajar SMA menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta katalis dalam proses adaptasi dengan lingkungan baru.

“Selain itu memberikan bekal untuk keberhasilan mahasiswa baru menempuh pendidikan di Kampus STIH Pertiba Pangkalpinang sesuai dengan tema PKKMB yaitu “Dengan Semangat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru kita jadikan STIH Kampus Lokal Berwawasan Global,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, PKKMB ini bertujuan untuk menyampaikan terobosan-terobosan yang dapat dilakukan mahasiswa dan menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industry 4.0.

“Agar mahasiswa dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan STIH Pertiba, Eko Riyadi, SH, MH mengatakan materi dalam kegiatan pelaksanaan PKKMB ini mengacu pada pedoman yang disyaratkan panduan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi.

Diantaranya, tentang Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara; System Pendidikan Tinggi di Indonesia;
Perguruan Tinggi di era revolusi industry 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi; Kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat; Materi pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual dan anti kekerasan (anti perundungan); dan materi lain yang dipandang perlu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan perguruan tinggi (muatan lokal).

“Mahasiswa juga diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan Tridharma  Perguruan Tinggi STIH Pertiba Pangkalpinang, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran ahklak, cinta tanah air, dan berdaya saing global sehingga mahasiswa menjadi sarjana memiliki kemampuan akademik yang tangguh (hard skills) juga terkembangkan aspek keterampilan kemanusiaanya atau perilaku personal dan antar personalnya (soft skills), diantaranya adalah kemampuan kepemimpinannya (leadership skiil),” tambah Eko yang kemarin menutup pelaksanaan PKKMB.

Untuk diketahui, beberapa kegiatan PKKMB yang dilakukan para mahasiswa baru di STIH Pertiba, mulai dari kegiatan sosial, pentas seni, gotong royong, berbagai perlombaan, seminar hukum dan lain sebagainya. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.