Tangkal Konten “Hoax” Jadi Pesan Wakil Gubernur Kepada Tujuh Anggota KPID

0
218

RedBabel, Pangkalpinang– Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah pada hari Senin (28/08) melantik tujuh anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2018 – 2021.  Ketujuh anggota KPID yang dilantik tersebut adalah M.Adha Al Kodri, Rusdiar, Imam Ghozali, Febri Aginta Ginting, Bagong Susanto, Sarli Sunarya dan Izhar Yulia.

Dalam sambutannya usai melantik tujuh anggota KPID periode 2018-2021, Wakil Gubernur menyampaikan pesan dan meminta agar lembaga KPID untuk melakukan pengawasan terhadap konten-konten yang berkembang baik melalui media siaran televisi, radio, media mainstream  serta media sosial.

Ditegaskan oleh Wakil Gubernur, pengawasan terhadap konten media utamanya adalah terhadap konten hoax yang saat ini masif beredar dan dengan mudah di akses publik melalui saluran informasi dan komunikasi yang ada.

“Saat ini banyak sekali media yang digunakan oleh masyarakat sebagai media informasi dalam kehidupan sehari-hari, namun pada kenyataannya media sering disalahgunakan untuk memberitakan hal-hal yang negatif dan belum tentu kebenarannya serta ujaran kebencian. Maka disinilah lembaga KPID berperan menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar,” tegas Wakil Gubernur

Untuk melaksankan tugas pengawasan guna menindaklanjuti atas peredaran konten-konten hoax tersebut, Wakil Gubernur mengungkapkan pentingnya kerjasama dan sinergitas seluruh lembaga.

“Menangkal konten hoax adalah tugas bersama yang harus kita komunikasikan secara bersama dalam menyaring dan meluruskan informasi. Ini yang diharapkan dari lembaga KPID dalam menjalankan tupoksinya,” tegas Wakil Gubernur.

Selanjutnya Wakil Gubernur berharap supaya lembaga KPID dapat melakukan literasi informasi kepada publik dan menindak tegas atas konten-konten hoax yang disebarkanluaskan melalui media siaran.

“Demi menjaga bangsa dari bahaya informasi hoax dan menyimpang, saya mengharapkan kerjasamanya supaya KPID dapat bertidaktegas dan harus berani memberikan sanksi yang tegas untuk seluruh program-program siaran yang tidak mendidik,” tegas Wakil Gubernur.

Hadir dalam pelantikan anggota KPID Periode 2018-2021 adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Stasiun RRI Sungailiat, Ketua Komisi Perlindungan Anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, anggota Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan dari KPU, Bawaslu serta Ombusman Bangka Belitung. Serta nampak hadir perwakilan dari Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.