Sumbangsih Atlit Asal Babel Dalam Ajang Asian Games 2018

0
285
Ketua Umum KONI Babel, Elfandi MA, S.Pd (dok)

RedBabel, Jakarta- Bangka Belitung terus meningkatkan kwalitas dan kwantitas para atlet dari berbagai cabang olahraga hingga mencetak atlet-atlet asal Babel untuk bertarung di Ajang Olahraga Nasional bahkan Internasional. Seperti ajang Asian Games 2018 yang sedang berlangsung saat ini, setidaknya 8 (delapan) atlet asal Babel masuk dalam Tim Nasional untuk bertarung melawan negara-negara peserta Asian Games 2018.

8 (delapan) atlet ini masuk dalam 3 (tiga) Cabor, diantaranya 5 (lima) atlet untuk Cabor Sepak Bola Putri, 2 (dua) atlet untuk Cabor Atletik dan 1 (satu) atlet untuk Cabor Bola Basket. Juga menjadi prestasi bagi Babel sebab untuk Cabor Sepak Bola Putri, Babel menjadi penyumbang atlet terbanyak untuk timnas Sepak Bola Putri. Menurut Elfandi MA yang saat ini menjabat sebagai Ketua KONI Pengprov Babel, atlet sepak bola putri ini kelimanya berasal dari Kabupaten Belitung Timur dengan rata-rata usia 17 hingga 20 tahun.

“Tentu mereka melalui proses seleksi Pelatnas dan prestasi-prestasi diajang lain.” Ungkapnya saat dikonfirmasi via telepon. Suwandi dan Robi di Cabor atletik, juga melalui proses seleksi dan prestasi yang diraih sebelumnya hingga  masuk dalam Pelatnas seperti PON Jabar 2016 hingga Seagames 2017. Dengan Perolehan medali tertinggi atlet Babel dari cabor ini adalah emas. Hingga hari ini (Senin, 27/08/2018) Cabor Bola Basket telah masuk dalam babak perempat final dengan jadwal pertandingan 18.30 malam untuk melawan Timnas asal Negara China. “Persiapan-persiapan ini tentu didukung penuh oleh Pemerintah Babel dan KONI Babel”, Jelas Elfandi lebih lanjut.

Menurutnya KONI Babel juga menggiring para atlet ke Pelatnas, juga dibawah binaan Kemenpora dan KONI Pusat Melalui seleksi di Pelatda. Selain itu, dukungan Pemerintah Daerah seperti tambahan Uang Saku juga diberikan. “Bahkan Bapak Gubernur Babel waktu itu hadir untuk menyerahkan langsung tambahan uang saku ini kepda semua atlet asal Babel”, ungkapnya. Atas prestasi ini, Ketua KONI Babel semakin termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi Babel dibidang Olahraga.

Bahkan menurutnya, pihaknya telah menyampaikan rencana-rencana pembinaan atlet kedepannya, seperti kebutuhan sarana yang lebih lengkap agar para atlet lebih mudah dan aktif berlatih, memperbanyak kejuaraan untuk menambah jam terbang para atlet, selain itu reward untuk para atlet saat masih aktif hingga jaminan lapangan pekerjaan setelah atlet masuk usia pensiun. “Kenaikan Bantuan Dana dari Pemerintah Daerah, menjadi salah satu dukungan untuk menjalankan rencana-rencana yang telah disusun”, tambahnya.

“Saya berharap, para atlet ini tidak hanya disiapkan lapangan pekerjaan oleh Pemerintah Daerah saja, tetapi juga oleh BUMN-BUMN di Babel, agar para atlet lebih termotivasi dan terjamin masa depannya”, tegasnya. Selain itu KONI juga berharap, rencana-rencana ini dapat disusun menjadi Peraturan Gubernur, agar tidak hanya bersifat Kebijakan. Sehingga program-program binaan atlet berjalan stabil dan tentu berdampak positif bagi para atlet dan prestasi Babel. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.