Siap Menyambut Pemulihan Pariwisata #DiIndonesiaAja, Belitung Jadi Salah Satu Destinasi Tujuan Kerjasama dalam Membangun Pariwisata Bersama tiket.com

0
159

RedBabel-BELITUNG — 11 Juli 2022 – Sebagai pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia yang fokus pada customer-centric, tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung menyelenggarakan acara Multi Stakeholder Forum bertajuk Improving Digital Marketing Literacy And Socialization Of Sustainable Tourism Development sebagai salah satu upaya akselerasi pemulihan industri pariwisata guna dukung pemulihan taraf kesejahteraan para pemangku kepentingan, yaitu yang terdiri dari pengelola Desa Wisata, Operator Akomodasi, Pemandu Tur Lokal, Pengusaha Produk Gaya Hidup, serta Pelaku Usaha Pariwisata Lokal.

Dihadiri oleh ragam peserta, forum ini merupakan wujud nyata komitmen berkelanjutan tiket.com dalam menyambut pemulihan pariwisata dengan membekali para penggiat dan pelaku pariwisata lokal dengan ilmu pemasaran digital sebagai upaya untuk mempromosikan ragam jasa wisata dalam ranah digital. Hadirnya Multi Stakeholder Forum yang diadakan oleh tiket.com ini bertujuan agar para pelaku industri wisata dapat memahami tren pariwisata secara luas serta mendapatkan bekal literasi untuk terus mengembangkan potensi wisata yang dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Hadir secara virtual untuk menyapa para peserta forum, Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com, menyoroti tekad tiket.com untuk memenuhi misi dalam mendukung pelestarian kesejahteraan para pelaku dan penggiat pariwisata dalam kapasitas tiket.com sebagai OTA. “Kegiatan ini merupakan sinergi antara tiket.com dengan Kemenparekraf RI untuk mendorong transformasi dan promosi destinasi pariwisata. Tahun lalu kami telah menjelajah 5 Destinasi Super Prioritas guna mendukung program #DiIndonesiaAja dan pada tahun ini, dilanjutkan untuk fokus pada destinasi domestik lainnya. Kabupaten Bangka Belitung menjadi destinasi ke-empat yang kami pilih untuk menyelenggarakan workshop ini. Kami yakin di kawasan Timur Pulau Sumatra ini, terdapat potensi besar desa wisata yang patut didorong untuk membangkitkan ekonomi serta mewujudkan peluang usaha baru di dunia ekonomi kreatif. tiket.com memiliki misi untuk menjadi jendela informasi bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Indonesia. Oleh karena itu, acara ini diwujudkan untuk membantu promosi destinasi pariwisata dengan konten-konten kreatif”.

Bapak Isyak Meirobie selaku Wakil Bupati Belitung, dalam sambutannya mengatakan “Guna membangun sektor pariwisata berkelanjutan, kami dari pemerintahan memiliki komitmen agar regulasi pemerintah pada sektor wisata menjadi prioritas utama kami, contoh nyatanya, untuk saat ini, kami sedang mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah dari G20 pada September 2022 nanti. Harapan saya untuk Belitung ke depannya, kita sebagai para pelaku usaha diharuskan untuk lebih inovatif, baik dari sisi inovasi digital maupun non-digital, kemudian semoga semakin banyak kolaborasi sejenis yang pada akhirnya akan melahirkan bisnis yang berkelanjutan untuk kita semua. Terima kasih untuk tiket.com karena telah menyelenggarakan acara ini dan saya doakan wisata Belitung semakin maju.”

Kegiatan Multi Stakeholder Forum ini berjalan sejak 2021 dan telah mengunjungi 8 tempat di Indonesia, di antaranya, Tanjung Bira, Kabupaten Banyuwangi dan Kota Bogor. Kali ini Multi Stakeholder Forum dari tiket.com hadir di Belitung, peran pokok forum ini menjadi wadah kesempatan dalam mencari solusi bijak bagi berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku wisata, sembari mengidentifikasi berbagai peluang pariwisata, serta mempersiapkan langkah-langkah dalam menyambut bangkitnya kembali arus turis domestik dan mancanegara karena telah terbukanya kembali koridor pariwisata.

Bapak Bakri Hauriansyah SE selaku Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung memaparkan “Forum kali ini adalah momen yang cukup kuat untuk perkembangan pariwisata Belitung khususnya melalui digital. Banyak sekali potensi-potensi tinggi di Belitung yang bisa dijual dan dipromosikan melalui tiket.com agar dapat dikembangkan dalam pemerataan informasi kepada masyarakat untuk menarik minat datang dan berkunjung ke Belitung.”

“Kami optimis dengan upaya untuk saling bahu-membahu ini akan semakin terwujud pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpadu dan berkesinambungan di sepanjang tahun 2022. Harapan saya adalah forum ini bermanfaat dalam menghadirkan kajian bernilai sehingga membuka cakrawala peserta forum dalam menciptakan pemikiran baru yang kreatif, dinamis dan unik dalam berkreasi konten pemasaran bagi berbagai kelebihan pariwisata di Belitung.” tutup Gaery.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.