Serda Sihombing Selalu Setia Dampingi Petani Cabe

0
271

RedBabel, Belitung-  Kodim 0414 Blt Sang Babinsa Desa Mempaya Serda Sihombing dari Koramil 414-05/Kelapa Kampit setiap hari selalu setia mendampingi warganya dalam bertani, Kamis (26/07). Bintara Pembina Desa selain membina generasi muda agar tetap memiliki rasa cinta kepada tanah airnya, tangguh dan ulet serta disiplin tinggi juga melaksanakan kegiatan pendampingan dan memberikan motivasi kepada warganya terutama masyarakat petani yang sekarang sedang penanaman holtikultura (cabe) di Desa Binaan Koramil 414-05/K.Kampit.

Novriandi yang sudah Berumur 44 tahun ini tetap menekuni tanaman cabe karena harga cabe di Pulau Belitung sangat menjanjikan, disebabkan cabe keriting maupun cabe merah besar sebagian besar masih didatangkan dari Pulau Jawa. “Dengan saya dampingi memberikan motivasi dan semangat kerja kepada petani apabila ada suatu kendala akan segera di kordinasikan secara cepat dengan Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, apabila warga saya berhasil panennya maka akan semakin makmur dan ketahanan wilayah akan semakin kokoh” ungkap sang Babinsa seijin Danramil 05 Kelapa Kampit Kapten Nasip Tanjung. “Luas lahan yang ditanam 1,5 ha. tanaman cabe ini dengan cara bertahap sehingga saat panen nantinya juga bertahap sehingga harga cabe tetap stabil”, Papar Novriandi.

Penanaman pertama sudah berusia 45 hari disusul penanaman kedua berusia 30 hari dan penanaman ketiga berusia 20 hari.
Cara penanan berkelang waktu supaya panennya tidak bersamaan”, Ungkapnya. “Cara penyiraman cabe memakai pompa air disalurkan ke pipa yang lebih kecil kondisi pipa berlubang.agar cabe dapat tersiram secara merata pada tanaman cabe tersebut”, Tutupnya. (*/Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.