Sekda Babel Sambut Kedatangan Peserta Festival Budaya dan Ekonomi Antar Bangsa

0
252

RedBabel, Pangkalpinang- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yan Megawandi, didamping unsur Forkopimda, Kepala Biro Humas dan Protokol, H.K.A Cholil, Rabu (28/11/2018), menyambut kedatangan delegasi Malaysia yang merupakan Peserta Festival Budaya dan Ekonomi antar Bangsa Terbesar di Babel di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Kedatangan rombongan dari Malaysia ini, dalam rangka mengikuti Festival Budaya dan Ekonomi yang akan berlangsung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 28-30 November 2018.

Festival Budaya dan Ekonomi antar Bangsa Terbesar di Babel, yang digagas bersama Malindo Business and Cultural Center (MBCC) Asia ini, diperkirakan dihadiri sekitar 130 peserta dari Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Sesuai jadwal, kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur di Pangkalpinang, dan Restoran Gale-gale, Bangka Tengah.

Kegiatan ini, merupakan peluang kerjasama UMKM, kesehatan, dan sektor lainnyam serta ekspose potensi strategis daerah, khususnya Kepulauan Bangka Belitung.

Festival juga diisi dengan kegiatan gebyar UMKM, lomba masak, lomba bayi sehat, lomba mewarnai untuk anak-anak, serta fun walk.

Sekda Babel Yan Megawandi menjelaskan, terdapat tiga rombongan kedatangan peserta Festival ini.

“Rombongan tersebut nantinya akan mendengarkan paparan mengenai kondisi investasi di Bangka Belitung,” kata Sekda Yan Megawandi saat rapat Festival Budaya dan Ekonomi antar Bangsa, di Ruang Tanjung Pesona, Kantor Gubernur, Senin (26/11/2018).

Lebih jauh Sekda Yan Megawandi menjelaskan, sebanyak sepuluh MoU yang akan ditandatangani saat digelar kegiatan Festival Budaya dan Ekonomi antar Bangsa ini. Namun, untuk MoU terkait dengan pemerintah provinsi, hendaknya dipelajari terlebih dahulu.

Sebab, kata dia, kerja sama dengan pihak luar negeri harus mendapatkan persetujuan dari DPRD Babel.

Yan Megawandi menambahkan, lain halnya kerja sama yang dilakukan pihak swasta seperti antara Kamar Dagang Industri Bangka Belitung dengan Kadin Malaysia.

Sementara itu, sebelumnya, Prof Dato’ Dr. Alex Ong selaku Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman beserta seluruh Bupati/Walikota se-Babel atas dukungan pada penyelenggaraan Festival Budaya dan Ekonomi Antar Bangsa Terbesar di Babel 2018 ini.

Menurutnya, Babel patut berbangga dengan keinginan Gubernur Erzaldi Rosman yang telah berbuat demi memajukan Babel dengan menghadirkan para investor dari negara ASEAN maupun negara asing lainnya, untuk beramai-ramai berinvestasi di Babel.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, dikatakan Prof Dato’ Alex, akan menghadirkan business matching, pentas budaya, expo produk UMKM, expo kesehatan dan juga expo pendidikan yang akan dihadiri 150 anggota MBCC Asia dan juga para investor dari sejumlah negara ASEAN.

“Saya berharap Kementerian Perhubungan RI segera menetapkan Bandara Depati Amir sebagai Bandara Internasional, sehingga para Investor dari Malaysia dan Singapura bisa langsung datang ke Babel tanpa perlu transit dulu di Jakarta,” ujar Prof Dato’ Alex.

Dikesempatan sama, Prof Dato’ Alex menyebutkan, pada tanggal 26 hingga 27 Desember 2018, Gubernur Erzaldi Rosman telah diundang untuk hadir dan bertemu langsung dengan Walikota di Negara Tiongkok yang difasilitasi oleh Malindo MBCC Asia terkait kerjasama di bidang kesehatan, pendidikan dan pengembangan produk UMKM Babel. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.