Sekda Babel Berharap Masyarakat Dilibatkan Dalam Pilot Reklamasi

0
268

RedBabel, Bangka Induk- Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengunjungi lokasi pilot reklamasi Air Kundur 3 yang berada di Kampung Cung Fo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (24/09). Kunjungan ini untuk melihat progress dari kegiatan reklamasi pilot bekas penambangan timah darat yang merupakan bagian dari pertukaran Kerjasama Percontohan/Pilot Cooperation Exchange (PCE) antara Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan German Federal Institute for Geoscience and Natural Resource (BGR). PCE akan berakhir pada Desember 2018 dan akan dilanjutkan oleh PT. Timah selaku pemegang IUP. Sekda berpesan agar masyarakat dapat dilibatkan dalam seluruh tahapan kegiatan reklamasi tersebut.

“Yang harus kita pikirkan adalah keberlanjutan dari pilot reklamasi ini. PCE akan berakhir akhir tahun ini dan dilanjutkan oleh PT. Timah. Kita sangat berharap agar masyarakat sekitar benar-benar terlibat dalam seluruh tahapan reklamasi ini”, Pesan Yan Megawandi. Disamping reklamasi pilot yang dilakukan BGR bersama PT. Timah dan BUMDES Bukit Layang, rangkaian kegiatan PCE lainnya adalah pelaksanaan workshop validasi atas draft buku panduan praktik terbaik yang tersedia untuk reklamasi bekas lahan tambang timah alluvial yang akan diselenggarakan pada hari, Selasa (25/09). Sekda Yan berharap, sejumlah kegiatan pilot reklamasi di Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi benchmark akan formulasi atas kondisi lahan reklamasi. Ada beberapa pilot reklamasi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Dari pilot reklamasi tersebut, kita harap dapat dijadikan benchmark. Sehingga diperoleh pelajaran terbaik atas formulasi yang baik untuk berbagai kondisi lahan reklamasi dan masyarakat sekitar”, Harapnya.

Sementara Dr. Philip Schütte dari BGR Jerman juga menyampaikan bahwa awal Februari 2019 direncanakan akan dilaksanakan konferensi penyampaian buku panduan Handbook on Best Available Practice in Reclamation. “Pada awal Februari 2019 kita akan melaksanakan semacam konferensi kecil untuk menyampaikan buku panduan yang berjudul Handbook on Best Available Practice in Reclamation”, Kata Philip yang diterjemahkan oleh Rusni Budiati, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diharapkan Pilot reklamasi Air Kundur 3 ini dapat menjadi learning center kegiatan reklamasi bekas lahan tambang timah yang juga nantinya dapat menjadi daya tarik wisata di Bukit Layang. Sekda juga mengatakan bahwa isu terpenting dari reklamasi bekas adalah keterlibatan masyarakat setempat dalam kegiatan reklamasi. “Selain itu ahan tersebut memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, maka akan timbul rasa memiliki masyarakat terhadap lahan itu sendiri. Sehingga lahan itu akan dijaga dan dirawat dengan baik”, Kata Sekda Yan.

Hal ini juga menjadi perhatian BGR Jerman, termasuk mewujudkan pilot ini sebagai learning center yang akan mendatangkan kunjungan wisatawan. “Hal ini juga menjadi perhatian kami, bagaimana pilot reklamasi paska PCE akan terus berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Selain itu juga untuk mewujudkannya sebagai learning center yang dapat menarik kunjungan ke Desa Bukit Layang”, Kata Philip. Turut hadir mendampingi dalam kunjungan tersebut, yakni perwakilan PT. Timah, Kepala Dusun Cung Fo, dan perwakilan kantor Cabang Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.