Sejumlah Kepala OPD Pemprop Babel Sepakati Wilayah Kerja Tanpa Rokok

0
228
Kepala OPD Pemprop Babel Usai Kesepakatan Bebas Rokok. (*)

RedBabel, Pangkalpinang- Sebagai wujud mendukung iklim tempat kerja yang bebas dari asap rokok, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Propinsi (Pemprop) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersepakat melakukan penandatanganan. OPD yang sepakat untuk membiasakan diri tidak merokok di lingkungan kerja masing- masing itu diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Inspektorat, Sat Pol PP, dan Biro Hukum Setda Pemprop Babel.

Penandatanganan kesepakatan tidak merokok di lingkup masing-masing OPD itu, berlangsung di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Kamis (31/05) dan disaksikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprop Babel Haryoso. Selain melakukan penandatanganan kesepakatan antar sejumlah OPD, di tempat yang sama sejumlah Kepala OPD Pemprop Babel juga menyaksikan Video Conference Antara Kemenkes RI dengan Gubernur Babel yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Tahun 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Babel dr. Mulyono dalam kesempatan itu mengatakan,  saat ini toleransi untuk para perokok aktif di tempat umum memang sudah seharusnya dipertegas dan di sosialisasikan secara menyeluruh. Selain itu, dikatakannya, peningkatan konsumsi rokok usia dini akan mempercepat datangnya hipertensi dan juga kanker serta jantung, bahkan gangguan janin. “Rokok penyebab sakit jantung dan penyebab keluarga kecewa”, Ujar Mulyono.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Kesehatan RI menekankan agar sesegera mungkin penyakit merokok ini  dihentikan. “Rokok melukai hati keluarga. Dengan merokok pasti memberi dampak buruk. Mari kita perhatikan sungguh-sungguh, dan kita menghadapi sekalipun kita mendapatkan banyak negatif. Kebanyakan perokok usia remaja. Anjuran kami,  gerakan hidup sehat, aktifitas yang teratur dan makanan bergizi serta tetap cek kesehatan ruti. (Rill)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.