Sejarah Pembangunan Masjid Permutih Kota Pangkalpinang

0
473

RedBabel, Pangkalpinang- Menara-menara, serta kubah masjid yang besar, seakan menjadi saksi betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Berbeda dengan masjid yang satu ini, berawal dari mushola pondok duren, yang merupakan tempat beribadah Perkumpulan Muthalatul ikhwan, Masjid ini telah melalui serangkaian tahun-tahun terpanjang di sejarah hingga sekarang. bertempat dan berlokasi di jalan H Horman Madati (jalan  sekolah kel. Melintang Kec. Rangkui, kota Pangkalpinang). Jumat (27/06). Mushola kecil itu sekarang bernama Masjid Permutih  berdiri pada tahun 1930,

Saat di temui tim RedaksiBabel, salah satu sesepuh Kelurahan Melintang, Surdania Romli mengatakan masjid Permutih yang dulunya hutan, kebun duren, kebun karet serta jurang ini di gagas oleh salah satu tokoh perkumpulan Muthalatul Ikhwan serta merupakan tempat berkumpulanya Ikatan Masjid Indonesia (IKMI) pada dekade 80-an. Dana pembangunan masjid ini semuanya berasal dari swadaya masyarakat dan bantuan dari pemerintah serta  PT.TIMAH Tbk. Dengan  luas tanah 623m, untuk luas bangunannya sendiri 346m, Menampung < 600 orang, yang di diketua oleh  H. Suphadina Hasan sebagai Ketua pembangunan.

Berkat hasil didikan dari pengurus serta Ikatan Masjid Indonesia (IKMI), masjid  Permuthi pangkalpinang mengirim anak anak berasal dari seluruh pulau Bangka untuk bersekolah di Gontor, JawaTimur. Disamping itu, masjid Permutih juga menggalakkan kegiatan majelis taqlim, yasinan bagi kaum ibu-ibu, TPA, musik rebana dan lomba azan, pembacaan ayat ayat pendek,serta khatam Al-Qur’an sekelurahan.tegas sesepuh kelurahan dari tahun 1978 -2001. (Rb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.