Rektor Unair Sebut Setiap Akademisi Boleh Lakukan Survei

0
235
Ilustrasi Survey. (Google)

RedBabel, Jawa Timur- Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih akhirnya mengeluarkan pernyataan ke publik terkait pemberitaan yang menyatakan bahwa lembaga sekelas Unair memang tidak pernah melakukan survei. Apalagi terkait dengan elektabilitas pasangan calon gubernur/wakil gubernur di Pilkada Jatim 2018. Secara kelembagaan/institusi Unair bersikap independen dan tidak memihak pada salah satu pasangan calon, netral serta tidak berpolitik praktis.

Pada poin ketiga Rektor menyebutkan bahwa di setiap akademisi di Unair mempunyai hak serta kebebasan akademik untuk berpendapat serta melakukan penelitian. Demikian dilansir dari merdeka.com. “Termasuk melakukan survei, sepanjang hal tersebut dilakukan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki serta menggunakan metode ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan”, Jelas Nasih dalam keterangan pers nya, Rabu (30/05).

Jika menilik poin ke tiga ini artinya apa yang dilakukan oleh Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) memang menjadi tanggung jawab pihak kajian itu sendiri tanpa melibatkan pihak rektorat atau Unair secara kelembagaan dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal itu terlihat pada pernyataan rektor ke empat yakni Hasil survei atau penelitian sebagaimana butir ke 3 merupakan tanggung jawab individu masing-masing pelaksana survei, bukan tanggung jawab Unair/Lembaga, serta tidak menggambarkan pendapat dan pandangan Unair. (sumber : merdeka.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.