Rektor ITS: Ini Kebanggaan Kami Bisa Ikut Membangun Babel

0
315
Gubernur Babel Saat Berkunjung ke ITS Surabaya, Jum'at 22/06. (*)

RedBabel, Jawa Timur- Seperti diberitakan sebelumnya, Jum’at (22/06) pekan lalu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM melakukan kunjungan kerja ke Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Agenda kunjungan tersebut salah satunya adalah untuk meninjau peluang kerjasama yang bisa dijalin antara Provinsi Kepulauan Babel dengan ITS Surabaya, dimana setiap harinya nelayan dari Pulau Bangka dan Pulau Belitung membawa bahan bakar minyak ke pulau-pulau kecil yang ada, kemudian menjualnya lagi disana.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi meyakini jika kerjasama dapat terjalin dengan ITS, maka segala kelebihan sumber daya alam yang ada di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dapat dimanfaatkan lebih maksimal demi kesejahteraan masyarakat di Provinsi Babel sendiri terutama untuk nelayan dan wisatawan. Menanggapi hal itu, Rektor ITS Joni Hermana mengatakan, ini merupakan langkah yang baik untuk menjalin kerja sama dengan wilayah Indonesia bagian barat. Karena selama ini kerja sama ITS kebanyakan terjalin dengan wilayah Indonesia timur.

“Ini kehormatan dan kebanggaan bagi kami bisa memberi sumbangsih dan ikut menyukseskan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai institusi pendidikan itu juga menjadi bagian dari tanggungjawab kita bersama”, Ujarnya. Ia menambahkan, ITS sangat siap untuk bergerak dan bekerja cepat untuk menanggapi keinginan Gubernur Babel tersebut yang ingin kerja sama ini agar cepat terealisasi.

Sebelumnya, pihak ITS sudah terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan PLN. “Kami juga sudah melakukan survei langsung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memetakan kebutuhan masyarakat yang ada di sana sehingga keinginan Pak Gubernur yang ingin bergerak cepat ini, kami telah siap”, Terang Guru Besar Teknik Lingkungan tersebut.

Pria yang kerap dipanggil Prof Joni ini menambahkan, seperti pada pemaparan tim Nasdec ITS diketahui ternyata masyarakat nelayan di Provinsi Babel lebih menyukai perahu yang terbuat dari bambu atau kayu daripada dari fiber. Untuk itu, Nasdec ITS juga telah menyiapkan desain kapal bamboo laminasi yang siap diproduksi jika kerja sama ini nantinya sudah terjalin. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.