Rakor Capaian Kinerja, Wagub Babel Minta OPD Selaraskan Program dan Kegiatan Strategis

0
213

RedBabel, Pangkalpinang- Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah buka Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel yang berlangsung di Ruang Pertemuan Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Senin (30/07). Pada kegiatan yang juga merupakan Coaching Clinic terhadap Cascading dukungan Renstra terhadap pencapaian Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Babel, diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Prov Babel ini, menghadirkan Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI). Kegiatan ini, diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Bagian Perencanaan Pemprov Babel.

Dalam arahannya, Wagub Abdul Fatah meminta kepada OPD  untuk menyelaraskan Program dan kegiatan Strategis yang disusun dan merupakan penjabaran dari Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022. Program dan kegiatan itu, ditegaskan Wagub, tentunya bisa bermanfaat untuk masyarakat. “Untuk itu, kita harus mampu menjaga amanat dan marwah sebagai penyelenggara pemerintahan, mengelola apa yang menjadi tugas dan fungsinya untuk kepentingan masyarakat”, Ujar Wagub. Bahkan dihadapan para peserta Wagub sempat mengabsen satu persatu Perangkat Daerah yang hadir.

Wagub menjelaskan dari Cascading yang telah disusun dan dipresentasikan kepada dirinya, hasilnya sudah baik, tetapi hal ini menurutnya harus lebih ditingkatkan. “Mari kita bangun keseriusan kita, kita ikuti kegiatan ini, saya yakin dengan menjalankannya dengan baik maka kita akan mudah mencapai apa yang  kita harapkan”, Kata Wagub. Ia mengibaratkan, ini merupakan pisau untuk menyayat atau memotong, mana yang selaras dan mana yang tidak selaras. “Yang selaras akan kita saving dijadikan pedoman dalam Program Kegiatan dan yang tidak selaras akan kita buang”, Ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Organisasi Setda Babel, Harrie Patriadie melaporkan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Kemenpan RB RI, yaitu Pemprov Babel harus melakukan penyempurnaan Keselarasan Penjabaran (Cascading) Kinerja, mulai dari Level Perangkat Daerah sampai dengan Indikator Kinerja di level Eselon III, IV dan Individu Pegawai. Cascading yang telah disusun telah sesuai dengan arahan dari Satgas Sakip Pemprov Babel, dan telah dipresentasikan oleh Kepala OPD secara langsung di depan Wagub mulai dari tanggal 8 Mei hingga 8 Juni 2018 secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Selanjutnya, dalam upaya penyempurnaan Cascading yang telah disusun Perangkat Daerah, adalah dengan kegiatan Coaching Clinik oleh Kemenpan RB ini. Melalui kegiatan satu hari penuh ini, Wagub berharap Perangkat Daerah mampu menyusun Program/Kegiatan yang selaras dengan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur, serta tercapainya Efisiensi Anggaran. Usai Pembukaan, Asisten Deputi RB, Akuntanbilitas dan Pengawasan, Kemenpan RB, Kamarrudin serta Coach dari internal Pemprov Babel, langsung memberikan Coaching kepada para peserta yang terbagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan perangkat daerahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.