Raker Kepala Diskominfo Provinsi se-Indonesia Digelar di Babel

0
380

RedBabel, Pangkalpinang- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah dalam Rapat Kerja (Raker) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi se-Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 Oktober 2018 di Hotel Soll Marina, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Raker rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman pada tanggal 18 Oktober 2018. Selain akan membuka kegiatan Raker, Gubernur juga rencananya akan menyampaikan materi terkait dengan smart province.
Selain Gubernur, narsumber yang akan menyampaikan materi dalam Raker ini diantaranya berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ketua Asosiasi Diskominfo Provinsi se-Indonesia, serta Pakar IT dari Jabar, yang juga konsultan IT Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Narasumber dari BSSN yang akan hadir dalam Raker ini adalah Sekretaris Utama BSSN. Direncanakan ia akan menyampaikan materi terkait dengan tugas dan fungsi BSSN, yang termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 Tentang Badan Siber dan Sandi Negara dan Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 Tentang Badan Siber dan Sandi Negara.

“Selain itu dalam Raker ini juga akan dibahas terkait penguatan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah terkait dengan pendanaan. Sebab dukungan Pemerintah Pusat kepada Dinas Kominfo Provinsi terkait dengan pendanaan selama ini masih minim,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Fauzan.

Dia menambahkan, hal yang juga dibahas dalam Raker tersebut terkait dengan suksesi pelaksanaan pemilu serentak pada tahun 2019. Bagaimana dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2019. Serta bagaimana mencari formalitas untuk menangkal berita hoak selama masa kampanye pelaksanaan pemilu 2019 nanti

“Tentunya keamanan, terutama keamanan siber terkait dengan keamanan website KPU atau website Bawaslu di daerah juga menjadi perhatian kita. Bagaiaman dukungan Kementerian Kominfo dan BSSN juga menjadi agenda pembahasan dalam Raker ini,” kata Fauzan. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.