Ragam Kriya Babel Hadir Di Expo HUT Ke-43 Dekranas

0
79

RedBabel-MEDAN — Momen Gelaran Expo HUT ke-43 Dekranas dimanfaatkan Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Maya Suganda Pasaribu mengenalkan langsung ragam kriya Babel kepada pengunjung. Kepada pengunjung Maya mengenalkan Sedotan Purun yang sebelumnya pernah dikenalkan juga oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di forum Sidang Umum PBB di New York beberapa waktu lalu.

“Sedotan ini dibuat dari purun sejenis rumput liar endemik di Belitung. Ini jadi salah satu komitmen kami menciptakan produk yang ramah lingkungan,” tuturnya kepada salah satu pengunjung saat dirinya meninjau stan expo Kep. Babel di Lapangan Benteng, Medan Selasa (16/5/2023).

Tidak hanya itu, dirinya juga mengundang pengunjung untuk melihat produk unggulan yang ikut mejeng seperti tenun cual, batik, pewter, tas, placemate dari lidi nipah, rajutan, tas resam, kopiah resam dan kopiah bambu, produk lampu dari bambu, tas tenun, dan produk home dekor yang dibuat dari dasar kayu.

Sementara Sekretaris Dekranasda Prov. Kep. Babel Subekti Saputra
mengungkapkan, kegiatan expo ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh Kep. Babel. Gelaran yang dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini dikatakannya akan berlangsung hingga 21 Mei 2023 mendatang.

“Ini jadi ajang promosi dan pemasaran bagi produk-produk kriya dan kerajinan Bangka Belitung. Event-event seperti inilah yang kita manfaatkan karena dihadiri perwakilan dari seluruh daerah se-Indonesia. Apalagi HUT Dekranas kali ini berbarengan dengan acara PKK seluruh Indonesia,” ungkapnya.

“Alhamdullilah produk kriya kita ini cukup dikenal seperti tenun, batik, sedotan purun, pewter, dan rajutan,” tambahnya.

Namun untuk dikenal saja tidaklah cukup, Subekti mengungkapkan Dekranasda Kep. Babel juga terus berupaya meningkatkan mutu, kualitas produk lokal serta meningkatkan pemberdayaan IKM dan UMKM.

“Tiap tahun kita mengadakan, pelatihan, pembinaan, fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pameran, dan berbagai kegiatan lain,” pungkas Subekti.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.