Proses RKAB Cenderung Lama, Azwari Helmi Sentil Rangkap Jabatan Dirjen Minerba

0
246
Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel, Azwari Helmi. Sumber Foto : Google

RedBabel-PANGKALPINANG — Rencana Kerja Anggaran Belanja (RKAB) perusahaan eksportir timah batangan di Bangka Belitung (Babel) yang hingga kini belum ditetapkan, turut disikapi Wakil Ketua Komisi III DPRD, Azwari Helmi.

Melansir dari babelpos.id, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tampak begitu kesal dengan lambannya persetujuan RKAB yang hingga kini masih berproses di Dirjen Minerba Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Seyogyanya RKAB itu harus segera diproses. Kalau memang mereka sudah layak dan cukup, kenapa harus diperlambat?” katanya.

Sebab menurut Helmi, terlalu lamanya RKAB perusahaan ini ditetapkan akan berdampak dengan membengkaknya biaya perusahaan, yang mana seharusnya, lewat ekspor ini para perusahaan dapat menutup beban biaya yang telah dikeluarkan selama produksi.

Jika ini diperlama terus, maka cost yang dikeluarkan juga akan membengkak, dari membayar karyawan, dan hal terkecil lainnya, bukan gratis, selain itu ada pajak juga yang harus dibayar,” sebutnya.

Ia juga meyakini, tak begitu banyak perusahaan eksportir di Babel yang mengajukan RKAB sebagai syarat ekspor timah ini, sehingga dinilai tak relevan jika terus diperlama. “Memang berapa banyak sih? saya rasa enggak begitu banyak perusahan eksportir yang mengajukan RKAB ini, bisa dihitung dengan jari. Jadi tidak perlu lah berlama-lama,” tukasnya.

Lebih lanjut, Helmi juga menyentil lambannya kinerja Ditjen Minerba ini imbas dari rangkap jabatan sang Dirjen Ridwan Djamaluddin yang juga dimandatkan sebagai Penjabat Gubernur Babel.

“Ini lah kalau Dirjen merangkap jabatan, satu pikirannya di Jakarta, satu pikirannya di Babel. Mungkin tidak tercover juga oleh pak Ridwan bekerja di Jakarta, satu di Babel dengan banyak pekerjaannya, sehingga sulit membagi waktunya,” pungkasnya.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.