PPK Babel Akan Membawa Misi Ini Ke Kancah Nasional dan Dunia

0
61

RedBabel-PANGKALPINANG — Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Wydia Kemala Sari menyebut bahwa generasi muda harus peduli dengan kebudayaan.

Wydia berharap, keberadaan Putra Putri Kebudayaan (PPK) Kepulauan Babel bisa menjadi cikal bakal dan motivasi bagi generasi muda lainnya untuk peduli dan mengerti tentang kebudayaan.

“Kami akan membekali Putra dan Putri Kepulauan Babel ini dengan hal-hal tentang kebudayaan Bangka Belitung. Selama ini yang kita tahu, generasi muda tidak melek dengan kebudayaan,” kata Wydia saat ditemui di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Selasa (17/10/2023).

“Dengan keberadaan PPK Kepulauan Babel ini, kita harapkan mereka bisa menjadi cikal bakal dan memotivasi generasi muda di Kepulauan Babel, untuk lebih peduli dan mengerti tentang apa itu kebudayaan,” lanjutnya.

Akan Tindaklanjuti Arahan Pj Gubernur

Saat ditanya terkait arahan Pj Gubernur Suganda tentang Forum Perdukunan di Belitung, Wydia mengaku siap menindaklanjuti arahan orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai tersebut.

Menurut Wydia, langkah tindaklanjut yang akan dilakukan pihaknya, yakni akan membawa PPK Kepulauan Babel ke Pulau Belitung, untuk mengetahui lebih dalam tentang Forum Perdukunan.

“Tadi pas kita bersama PPK Kepulauan Babel beraudiensi dengan pak Pj, kita diarahkan untuk membekali mereka tentang salah satu kebudayaan yang ada di Belitung, yang namanya adalah kelompok perdukunan. Pak Pj ingin mereka memaparkan tentang itu di ajang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2023 nanti,” ucap Wydia.

“Kalau budaya seperti nganggung itu ditempat lain ┬ájuga ada, seperti di Sumatera Barat itu ada Bejamba namanya. Nah yang perdukunan itu mungkin tidak ada ditempat lain. Hal itu akan kita gali lagi, untuk kita jelaskan kepada PPK Kepulauan Babel ini,” lanjutnya.

“Sesuai arahan pak Pj tadi, karena mereka (PPK Kepulauan Babel) dari pulau Bangka, nantinya mereka ini akan kita bawa ke Belitung, supaya lebih memahami seperti apa kebudayaan di Pulau Belitung,” lanjutnya lagi.

Di kesempatan yang sama, Pj Gubernur Suganda berharap, PPK Kepulauan Babel bisa menjadi duta budaya di Negeri Serumpun Sebalai, yang nantinya bisa memperkenalkan budaya Kepulauan Babel, supaya bisa dikenal di dunia, khususnya di nusantara.

“Kita harapkan, mereka menjadi duta-duta budaya Provinsi Kepulauan Babel. Jadi mereka nanti bisa memperkenalkan beragam macam kebudayaan yang ada di Negeri Serumpun Sebalai, supaya bisa dikenal di dunia, khususnya di nusantara,” tukasnya.

Diketahui, Wahyu Saputra dan Leycia Shalsabilla merupakan pasangan PPK Kepulauan Babel tahun 2023. Nantinya, pasangan tersebut, akan mewakili Provinsi Kepulauan Babel, mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Indonesia (PPKI), di Bali, pada 2 November 2023 mendatang.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.