Polres Bangka Amankan Penambang Ilegal dan Barang Bukti di Sungai Batu Rusa

0
427
Penambang Ilegal Sungai Baturusa. (Sdy)

RedBabel, Bangka Induk- Personil Gabungan Polres Bangka bersama Dir Polair Polda Babel berhasil melakukan penangkapan para pelaku Penambang Tanpa ijin TI Apung (Tower) yang beroperasi di wilayah Aliran Sungai Batu Rusa Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (18/07) sekira pukul 03:30 Wib dini hari. Adapun serangkaian kegiatan dalam penangkapan terhadap para tersangka pelaku penambangan Ti Apung yakni’ sekira Pukul 01.30 wib Kasat Polair Polres Bangka AKP Elpiadi beserta Anggota Sat Polair melakukan penyelidikan di daerah penambangan di duga ilegal yang beroperasi di Daerah Aliran Sungai Batu Rusa Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Setelah dilakukan penyelidikan dan ternyata benar telah ada kegiatan penambangan yang terlihat dari jembatan Batu rusa selanjutnya sekira pukul 03.30 Wib dilakukan upaya penangkapan oleh 9 personil Sat Pol air dengan gabungan pers Dit Polair Polda Kepulauan Babel terhadap kegiatan penambangan tersebut. Selanjutnya tim gabungan berhasil melakukan penangkapan terhadap para tersangka pelaku penambangan dengan Barang bukti sebanyak 2 Unit Ponton tambang ilegal jenis TI rajuk tower dan 4 unit tambang ilegal menggunakan mesin Robin dengan jumlah tersangka pelaku penambangan sementara ini berjumlah 13 orang dengan rincian antara lain sbb :
– 2 unit tambang ilegal jenis tower dengan pekerja sebanyak 9 orang
– 4 Unit tambang ilegal jenis apung upin upin dengan pekerja sebanyak 4 orang berikut
– 1 Orang pemilik perahu yang di duga sebagai pengantar jemput bagi para penambang.

Kemudian sekira pukul 04.30 wib para pelaku penambangan tersebut langsung diamankan di Mapolres Bangka guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh anggota Sat Reskrim Polres Bangka. Sekira Pukul 08.00 wib Anggota Polres Bangka beserta Polsek Merawang dan gabungan dengan anggota Sat Pol Pp , Anggota Koramil Merawang dipimpin langsung Kapolres Bangka AKBP M. Budi Ariyanto melakukan pengumpulan Barang Bukti untuk disita dengan cara melakukan pembongkaran. Adapun barang bukti berupa 2 unit Ti Apung jenis Tower dan 4 unit TI apung mini dengan menggunakan mesin Robin langsung dibawa dan diamankan ke Polres Bangka. (Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.