Politisi Golkar Romlan Berharap Dua Raperda Kerjasama Daerah dan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat

0
119

RedBabel-BANGKA — Usai rapat paripurna DPRD Kabupaten Bangka dalam penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Senin (6/3) kemarin diruang rapat paripurna DPRD Bangka.

Dalam paparannya Wakil Bupati Kabupaten Bangka Syahbuddin menyampaikan dua Raperda diantaranya Raperda tentang Kerjasama Daerah dan Raperda tentang Perlindungan Lahan Pangan Berkelanjutan.

Sementara, tanggapan Fraksi Partai Golkar Kabupaten Bangka menerima Raperda tersebut dengan beberapa catatan. Hal ini ditanggapi Romlan anggota DPRD Kabupaten Bangka Fraksi Golkar.

Dalam keterangan, Politisi Golkar Bangka ini, Romlan mengatakan bahwa ada dua Raperda yang diusulkan dari Pemda Kabupaten Bangka yang diharapkan bisa mendukung program pembangunan dan meningkatkan efektivitas pelayanan publik.

“Ya, kemarin kami gelar Rapat Paripurna bahas beberapa Raperda yang diajukan Pemkab Bangka, salah satunya Raperda Tentang Penyelenggaraan Kerjasama Daerah yang ikut melaksanakan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018; tentang Kerja Sama Daerah dan mendukung program pembangunan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik,” katanya kepada awak media pada Selasa, 7 Maret 2023.

Romlan pun menjelaskan bahwa Raperda tersebut diminta dapat menjadi sarana guna memantapkan hubungan daerah, mensinergikan potensi antar daerah, Daerah dengan pihak ketiga dan Daerah dengan Pemerintah Daerah atau Lembaga di luar negeri serta Meningkatkan pertukaran Pengetahuan, Teknologi dan kapasitas Fiskal Daerah.

Lebih lanjut, Romlan juga mengatakan bahwa Raperda kedua tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Dijelaskan Romlah, Raperda ini bertujuan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-undang Nomor: 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan terhadap Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan.

“Untuk menjamin penyediaan Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan sebagai sumber pangan guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Daerah,” ungkapnya

“Untuk mengatasi masalah keberadaan luas lahan pertanian di wilayah Kabupaten Bangka yang setiap tahun nya mengalami penurunan akibat adanya pembangunan dan kegiatan alih fungsi lahan dan Perlu penataan kembali penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumberdaya Agaria dalam mempertahankan lahan pangan secara berkelanjutan,” tambahnya.

Romlan pun berharap dengan adanya Raperda tersebut dapat dibahas sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku.

“Sehingga untuk selanjutnya dapat menjadi dasar hukum kebijakan penyelenggaraan urusan Pemerintahan dan Pelayanan Publik di daerah Kabupaten Bangka,” tutupnya. (*RB/rilis-MPO Babel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.