Pj Gubernur Tegaskan Serapan Anggaran Babel 2023 Harus Maksimal

0
89

RedBabel-PANGKALPINANG –Tegas, Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu minta Kepala OPD terus genjot serapan APBD tahun 2023. Hal ini dikemukakannya saat membuka Rapat Evaluasi APBD Tahun 2022 dan Tahun 2023 serta Paparan Hasil Rencana Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Ruang Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur, Air Itam, Rabu 3/5/2023.

Bukan tanpa sebab, dirinya berharap tahun 2023 ini, tingkat penyerapan anggaran dapat maksimal mengingat di tahun 2022 yang lalu, dari sisi penyerapan anggaran, Provinsi Bangka Belitung menjadi urutan ke-33 dari 34 Provinsi, hal ini berarti penyerapan Babel sangat rendah.

Diakuinya tentu banyak faktor yang menjadi penyebab, tapi ini yang harus segera di atasi agar di tahun 2023 penyerapan anggaran Kep. Babel dapat jauh lebih baik

“Hal ini tentu harus kita evaluasi, tiap Kepala OPD maupun penjabatnya saya minta untuk memaparkan kendala tahun lalu, solusi dan progres untuk sekarang ini,” pintanya.

Berdasarkan data dari Kepala Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Haris bahwa serapan anggaran per 28 April 2023 masih berada di angka 19,4 persen. Dengan 3 serapan tertinggi berada pada OPD Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga di angka 37,54 persen, diikuti Dinas Komunikasi dan Informatika 33,46 persen, kemudian Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah sebesar 30,03 persen.

Untuk beberapa OPD yang penyerapannya masih rendah, Orang nomor Satu di Kep. Babel ini menegaskan kembali agar bisa memacu kinerja agar dana yang ada dapat seluruhnya dikucurkan untuk menggerakkan ekonomi di masyarakat.

“Saya ajak Bapak/ Ibu untuk merubah mindset. Jangan kerja lambat, jika kegiatan dapat dilaksanakan di awal tahun kejar, jangan tunggu, kenapa? Pertama agar manfaatnya dapat cepat di rasakan masyarakat, kedua penyerapan anggaran pun cepat terealisasikan,” tegasnya.

Penyerapan anggaran ini pun dikatakanya menjadi penilaian kinerja Kepala OPD dan pejabatnya.

“Yang menentukan prestasi kerja Bapak/Ibu bagi saya adalah kinerja, bukan penilaian pribadi. Untuk itu, bekerjalah profesional. Jangan takut menjalankan program sejauh program tersebut sesuai dengan aturan, karena selaku Kepala Daerah sayapun akan bekerja dengan integritas dan profesional,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Daerah Pemprov. Kep. Babel Naziarto, Kepala Bappeda Fery Insani, Kepala Bakuda M. Haris, Kepala OPD dilingkungan Pemprov. Kep. Babel serta pejabat pendamping dari setiap OPD.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.