Pimpin Rapat Persiapan Perayaan HUT RI Ke 78, Pj Gubernur Suganda Inginkan Hal Ini

0
63

RedBabel-PANGKALPINANG — Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menginginkan konsep yang diambil dalam merayakan HUT RI ke 78, dikemas menjadi satu rangkaian kegiatan dengan kampanye mensukseskan Pemilu 2024.

Demikian disampaikannya saat memimpin Rapat Persiapan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023, yang berlangsung di ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Kepulauan Babel, Selasa (19/6/2023).

“Kalau bisa, konsep yang diambil dalam merayakan kemerdekaan tahun ini menjadi satu rangkaian. Jadi, tidak hanya merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 78 tahun saja, tetapi digabung juga dengan rangkaian mensukseskan pemilu 2024,” ucapnya.

Pj Gubernur Suganda mengatakan Kepulauan Babel, sudah harus mulai berfikir lebih global. Hal tersebut bertujuan, agar Bumi Serumpun Sebalai, semakin dikenal luas sehingga orang lebih tertarik dengan banyak hal, seperti kebudayaan, alam dan sebagainya.

“Walaupun skala lokal, saya ingin Kepulauan Babel ini dikenal orang lebih luas, selain itu, saya juga menginginkan orang lebih tertarik dengan Kepulauan Babel, baik itu dari sisi kebudayaannya, alamnya dan lain sebagainya,” katanya.

“Sehingga masyarakat kita akan terangkat dari sisi kemiskinan berkurang, stunting berkurang, inflasi kita terkendali. Sambil tentunya kita mempersiapkan pesta demokrasi kita 2024,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut, Pj Gubernur Suganda meminta kegiatan perlombaan dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, diperbanyak. Menurutnya, hal ini bertujuan agar kegiatan tersebut terasa lebih meriah.

“Tak perlu banyak perbedaan dari tahun sebelumnya. Yang harus disepakati bersama, yakni logo tema sesuai dengan edaran dari Pusat, tema kegiatannya juga menyesuaikan. Kalaupun ada tambahan rangkaian kegiatannya, kita subtema kan saja,” ujarnya.

“Artinya beberapa bagian sudah rutin ya, nanti silahkan secara teknis disiapkan semaksimal mungkin. Mudahan bisa kita sempurnakan. Jika bisa kita siapkan dan atur semeriah mungkin, agar bisa berjalan dengan baik seperti kegiatan 1 juni 2023 lalu, saya rasa panitia sudah sukses menjalankan kegiatan itu dengan baik,” timpalnya.

Lebih lanjut, dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Pj Gubernur Suganda ingin panitia menyelenggarakan sejumlah perlombaan, seperti lomba pantun dan lomba baca puisi yang dikhususkan untuk kepala dinas dan kepala instansi di Kepulauan Babel.

Selain itu, kata Pj Gubernur Suganda, diadakan pula lomba film pendek bagi pelajar dan umum, standup comedy dan lomba foto jurnalistik bagi para awak media dan lomba e-sport, sepak bola dangdut, duta wisata hingga vocal grup bagi pelajar.

“Saya minta panitia menyelenggarakan perlombaan tambahan seperti itu agar kegiatan ini banyak yang bisa berpartisipasi dan semakin meriah. Nanti kita kasih PR pak Kapolda, pak Danrem dan Pimpinan-pimpinan lainnya,” terang Pj Gubernur Suganda.

“Nanti pada malam resepsi, pemenangnya diumumkan dan diberi kesempatan membacakan kembali puisinya, jika menang dalam lomba,” imbuhnya.

Pj Gubernur Suganda berharap, Kepulauan Babel bisa merayakan HUT RI ke 78 dengan gembira dan penuh suka cita, dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Suganda menekankan kepada Kesbangpol untuk mempersiapkan acara tersebut sebaik mungkin.

Pj Gubernur Suganda menegaskan bahwa sejak akhir Juli hingga akhir Agustus, dirinya akan meminta Kesbangpol Kepulauan Babel memaparkan seluruh rangkaian kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Selain kita merayakan HUT, bersama-sama juga kita berbagi program-program penangan inflasi, program sosial untuk stunting dan bansos hingga donor darah. Ini dari semua pihak untuk mencapai program-program prioritas,” tuturnya.

“Selain itu, saya menginginkan Kepulauan Babel menjadi provinsi yang melaksanakan kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 ini, sesuai dengan tema yang ada, serta juklak dan juknis yang sudah ditentukan,” tutupnya.(*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.