Pimpin Apel Gelar Pasukan Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, Gubernur Erzaldi Tegaskan Hal Ini

0
93

RedBabel-Pangkalpinang – , Kamis (4/6/2020), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Wilayah Provinsi Babel.

Apel yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Air Itam Pangkalpinang, turut dihadiri dan diikuti Kapolda Anang Syarif dan Danrem 045/Gaya Mateus Jangkung, Pejabat di Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Tim Satgas Kecamatan, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

“Kondisi penanganan dan pelaksanaan penanggulangan Covid-19 terus berlangsung. Kondisi bencana nasional diperpanjang oleh pemerintah, dan kondisi di daerah kita adalah daerah yang belum 100 persen hijau. Namun demikian, kita tetap waspada dalam menanggapi dan terus menanggulangi Covid-19,” Ungkap Gubernur saat memberikan pengarahan.

Adanya apel gelar pasukan bagi Satgas dari Provinsi, Kecamatan, kelurahan atau desa akan melakukan dan memulai penegakkan disiplin bagi masyarakat untuk melaksanakan protokol Covid-19.

Guberur Erzaldi juga mengingatkan kepada seluruh satgas dan masyarakat Babel, bahwa jumlah pasien yang sedang ditangani di Wisma Karantina Pemprov Babel semakin bertambah, sehingga diperlukan disiplin masyarakat Babel untuk mematuhi peraturan protokol Covid-19.

“Pasien di Wisma Karantina terus bertambah. Tetapi, apalah artinya sebuah persiapan fasilitas umum, fasilitas kesehatan kita siapkan tanpa kita bisa mengurangi dampak dari masyarakat kita yang terpapar Covid-19. Bersama TNI, POLRI, aparat sipil bersama Komunitas-komunitas masyarakat, mari kita menegakkan disiplin ini, dan mulai hari ini kita terus melakukan tindakan tegas dalam melaksanakan protokol Covid-19,” Ucap Gubernur Erzaldi.

Melalui Apel Gelar Pasukan ini, ditekan Erzaldi, para satgas agar dapat melaksanakan tugasnya dan memberikan contoh serta penegakkan di wilayahnya masing-masing. Gubernur Erzaldi mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan anjuran protokol kesehatan Covid -19 bahkan lebih ditingkatkan lagi.

“Pada hari ini kita akan memulai penegakan disiplin bagi masyarakat kita untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, disiplin kita semua adalah kunci keberhasilan kita di dalam memerangi virus ini. Namun, sebaiknya kebijakan apapun dari pemerintah kalau tidak dilaksanakan, semuanya akan sia-sia”, Ungkapnya.

“Dengan Apel ini, agar kita bersama sama dapat melakukan penindakan dan memberikan contoh kepada masyarakat kita, agar melakukan disiplin di tempat masing-masing, panduan-panduan penegakan sudah disampaikan. Tim pun sudah dibentuk, arahan sudah diberikan, dan kita mulai melaksanakannya,” Kata Gubernur.

Lebih jauh Gubernur Erzaldi menjelaskan, tindakan yang akan diberikan kepada masyarakat yang tidak melaksanakan protokol kesehatan berupa tindakan sosial.

“Salah satu contoh, bagi yang terjaring oleh petugas protokol kesehatan Covid-19 akan diberikan hukuman, berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan disuruh kerja bakti, semuanya sudah tertulis dalam aturan ini,” tuturnya.

Adapun tempat yang menjadi prioritas untuk penegakan disiplin Covid-19 meliputi tempat keramaian, tempat tongkrongan, pasar, kafe, serta tempat tertentu yang diyakini dapat terjadi penyebaran virus.

Gubernur Erzaldi menegaskan, bahwa pelaksanaan pendisiplinan ini semata-mata demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

“Kalau kita bisa melaksanakan semua ini dengan baik, saya yakin dan percaya recovery ekonomi kita akan menjadi lancar. Semoga masyarakat dapat memahami semua ini, semua yang kami tegaskan ini untuk kebaikan bersama,” Ungkapnya.

Gubernur berharap, bahwa pelaksanaan dalam rangka penegakan disiplin protokol Covid-19 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh kesadaran.
“Semoga kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat demi kesehatan dan keselamatan kita bersama-sama,” Tutup Gubernur Erzaldi. (*Ab-RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.