Peserta Pertinas SWBB 2018 Karnaval Budaya di Babel Diikuti 22 Provinsi

0
353

RedBabel, Pangkalpinang- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman, melepas Karnaval Budaya Kegiatan Perkemahan Tingkat Nasional  Saka Widya Budaya Bhakti (Pertinas SWBB) ke-I tahun 2018, yang diselenggarakan di  Alun-Alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Sabtu (24/11/2018) pagi.

Karnaval Budaya ini, diikuti oleh 22 Provinsi yang terdiri dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Lampung, Jawa barat, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa tengah, kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Riau, banten, kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Jambi, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara , Nusa Tenggara Barat , Gorontalo.

Turut hadir dalam kegiatan Karnaval yang menyusuri jalan utama Kota Pangkalpinang tersebut, Pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang, serta instansi terkait lainnya.

Dalam Karnaval, para peserta mengenakan pakaian dan menampilkan adat serta budaya daerahnya masing-masing.

Kepala Subdit Pembinaan Tenaga Kesejarahan Kemendikbud RI, Saptari Novia sesaat sebelum pelepasan Karnaval mengatakan, kegiatan Pertinas SWBB ini, telah dilaksanakan mulai tanggal 19 hingga 24 November 2018, di bumi perkemahan balun Ijuk, dan ditutup Sabtu (24/11/2018) malam.

Berkenaan dengan Karnaval Budaya Nasional ini, dijelaskannya, merupakan penguatan terhadap pelaksanan SWBB 2018. “Peserta Pertinas yang diselenggarakan di Babel ini,  telah melakukan beberapa kegiatan berupa workshop robotic, coding, membuat komik sejarah, drone, fotografi, video dokumenter, cinematografi, tarian tradisional dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Saptari memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memfasilitasi dan dan sukses menyelenggarakan kegiatan Pertinas SWBB di Bumi Serumpun Sebalai ini.

Sementara itu, Kepala BKPSDMD Babel Sahirman mewakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, pelaksanaan Pertinas SWBB I tahun 2018 terlaksana dengan sukses dan lancar.

Dikatakan Sahirman, dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah melakukan upaya yang maksimal, mulai dari perencanaan, rapat persiapan dan koordinasi dengan kementerian terkait, dan berbagai stakeholder lainnya, hingga mulai tahapan-tahapan dan pelaksanaan Pertinas SWBB 2018.

“Pertinas SWBB ini, sebagai simbol kebersamaan dan kebhinekaaan, dimana masing – masing peserta dari suku, agama dan ras yang berbeda disatukan dalam satu kegiatan yang memupuk kebersamaan dan kesatuan, yang merupakan ciri Bangsa Indonesia di dalam bingkai NKRI,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.