Pertinas SWBB I Tahun 2018 di Babel Resmi Ditutup

0
229

RedBabel, Bangka Induk- Perkemahan Bakti Tingkat Nasional Saka Widya Budaya Bakti (Pertinas SWBB) I tahun 2018 yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sejak sepekan ini, secara resmi ditutup.

Penutupan dilakukan melalui Upacara Penutupan dan ditandai dengan Pemukulan Bedug oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang diwakili oleh Triana Wulandari dari Direktorat Sejarah Kemendikbud RI, yang juga menjadi Pembina Upacara pada kegiatan itu, di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balun Ijuk, Bangka, Sabtu (24/11/2018) malam.

Dalam Sambutannya, Triana Wulandari mengatakan, melalui Pertinas SWBB ini, telah dilaksanakan kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui gerakan Pramuka.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian Nawacita, sehingga Presiden RI telah menerbitkan Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Gerakan Pramuka dengan seluruh kegiatannya yang berdaya guna dan sesuai dengan daya juang bagi generasi muda, merupakan tindaklanjut dari perpres tersebut,” katanya.

SWBB ini juga, menurutnya, merupakan bentuk realisasi kerjasama antara Kemendikbud RI dengan Kwarnas, Pemprov dan Kwarda Bangka Belitung, dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan wawasan anggota pramuka di bidang kebudayaan dan karakter bangsa.

Para anggota ini, sambuang dia, disiapkan menjadi manusia yang memiliki karakter bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika dan mampu hidup bersama dengan rukun dalam keanekaragaman, serta menjadi warga negara yang mandiri, peduli, dan bertanggungjawab terhadap kelestarian budaya bangsa.

Ia berharap, SWBB menjadi momentum pramuka untuk menjadi wadah penyaluran bakat dan minat, yang dapat dikembangkan menjadi Job Creation, memiliki karakter dan berbudaya sesuai dangan slogan Pertinas yautu Berbakti, berkarakter dan berbudaya (berkarya).

Untuk itu, Ia juga berharap kepada seluruh peserta untuk menjadi generasi muda Indonesia yang kuat, tangguh, Produktif, penuh optimisme dan memiliki daya juang yang tinggi namun tetap menjadi anak muda yang mencintai sesama, rela menolong, menjaga sopan santun dan budi pekerti.

Sementara, Kakwarda Babel, Melati Erzaldi mengucapkan rasa syukur dan bangganya atas penyelenggaraan Pertinas SWBB di Bangka Belitung yang berlangsung sukses ini.

“Saya merasa Plong dan bersyukur, karena event ini adalah pertama kali dilakukan oleh Kwarda Bangka Belitung dan juga Kementerian juga untuk pertinas SWBB ini, bisa berjalan baik dan lancar. Demikian juga infrastruktur tersiap dengan baik membackup 1000 peserta,” tuturnya.

Kedepan, ditegaskannya, Babel siap menyelenggarakan event- event lain seperti perkemahan raimuna tahun 2020 yang baru diungkapkan oleh Dewan Kerja Nasional Kwarnas kepadanya, yang pesertanya mencapai 15 ribu orang. Dan apabila hal itu benar, maka diharapkan Babel harus bersiap diri.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pertinas SWBB yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi menyampaikan rasa syukur atas suksesnya kegiatan Pertinas SWBB ini. Dan tentu saja akan ada evaluasi dari kegiatan ini.

Yan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja tanpa mengenal waktu, sehingga event ini, berjalan dengan baik. Hal ini, menurutnya, merupakan modal besar untuk melaksanakan kegiatan apapun di Bangka Belitung.

Pada Upacara ini, juga hadir Dewan kerja nasional kwarnas, Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Pemprov Babel, Dewan Kerja Daerah Kwarda Babel, Pimpinan Instansi Vertikal dan diikuti oleh seluruh peserta Pertinas SWBB.

Selain pemukulan Bedug dalam Upacara Penutupan ini, juga dilakukan secara simbolis Pelepasan Tanda Kepesertaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.