Peringati World Clean Up Day 2019, Masyarakat Bangka Barat Punguti Sampah Saat Jalan Sehat

0
167

RedBabel, Bangka Barat – Masyarakat Bangka Barat begitu antusias mengikuti World Clean Up Day 2019 ( aksi bersih sampah sedunia ) yang diselenggarakan oleh Laskar Hijau, Pemuda Hijau, Ikatan Karyawan Timah ( IKT ) Muntok, Forum Komunikasi Pemuda dan Masyarakat Teluk Rubiah ( FKPMTB ) yang didukung penuh oleh PT. Timah Tbk. Persero. Kegiatan ini dilaksanakan di pantai kampung Iklim Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat. Sabtu, (21/9/2019).

Acara diawali dengan jalan sehat sambil memungut sampah yang dapat ditukar dengan Voucher Doorprize, dilanjutkan dengan sosialisasi dan edukasi lingkungan, deklarasi komitmen bersama, pameran hasil karya kreatif dan ekonomis dari barang bekas, pelayanan kesehatan gratis ( cek gula darah, hipertensi dan lain – lain).

Ketua Pemuda Hijau, Rini Stefani Wu, mengatakan Aksi Bersih Sampah ini dilaksanakan serentak oleh 157 Negara setiap 21 September dan ini pertama kali diselenggarakan oleh masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

” Disini kami juga mengundang 68 komunitas dan seluruh sekolah yang ada di Muntok dan Bangka Barat, dan targetnya, untuk terus menjaga lingkungan dan kebersihan, jadi dimulai dari hal – hal kecil, seperti kesadaran membuang sampah pada tempatnya” Ungkapnya.

Rini berharap dari terselenggaranya kegiatan ini menjadi awal agar masyarakat tetap menjaga lingkungan, salah satunya apabila melihat sampah langsung diambil, agar Bangka Barat khususnya menjadi lingkungan yang bersih.

Sekretaris Unit Metalurgi PT. Timah Tbk. Muntok, Suryadi, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, dan ia juga mengajak kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan membantu pemerintah mewujudkan Indonesia bersih dari sampah tahun 2020.

” Acara ini harus kita apresiasi dan kita harus berpartisipasi di dalamnya, karena ini sangat jarang terjadi, apalagi yang menggagas adalah anak – anak muda yang bekerjasama dengan IKT” Ungkapnya.

” Untuk itu kami selaku pimpinan Unmet Muntok sangat – sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Kita harus lebih menjaga dan peduli terhadap lingkungan agar terbebas dari sampah. Karena jika lingkungan bersih kita semua akan sehat. Jadi, marilah kita mulai dari sekarang, setidaknya kita mulai dari diri kita terlebih dahulu, contoh kita harus membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah organik dan non organik, kemudian hal – hal yang lebih besar” Tuturnya.

Di samping itu, Asisten Setda Bagian Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Bangka Barat, M. Soleh, dalam sambutannya mengatakan akan meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar meniru kegiatan hari ini.

” Jalan santai kali ini membawa makna yang mendalam sekali. Disamping jalan santai, olahraga dan hiburan, kita sambil memungut sampah. Nah ini kita lembagakan. Jadi saya minta nantinya setiap OPD kalau ada kegiatan jalan santai sambil mungut sampah, dan kita harapkan kegiatan ini yang harus berkelalanjutan, berkesinambungan” Harapnya.

Acara dihadiri Sekretaris Unit Metalurgi PT. Timah. Tbk Muntok, Suryadi, Ketua IKT wilayah Muntok, Arif Yudianto, Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah ( BLHD ) Bangka Barat, Ridwan, Anggota DPRD Bangka Barat, Alha Agus, unsur Forkopimda dan segenap tamu undangan. (*ASW/Rill)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.