Peringati Hari Anak Nasional, Gubernur Babel dan Istri Bermain Ular Naga Bersama Anak-anak

0
252

RedBabel, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Bunda PAUD Babel, Melati Erzaldi, bergembira bersama anak-anak PAUD/TK perwakil PAUD/TK se-Babel, saat Pembukaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 di lapangan upacara Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Pada kegiatan HAN tahun 2019 Senin (23/9/2019) pagi, mengusung tema “Kita anak Indonesia Kita Gembira” itu, Gubernur bermain sambil diiringi lagu Ular Naga Panjangnya sesaat sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Gubernur berharap agar hak anak dapat terpenuhi. Salah satu hak yang menjadi apresiasi Gubernur adalah Batas Usia menikah yang diakui negara saat ini, menjadi 19 tahun. Ini menurut Gubernur, merupakan hal baik, karena salah satu permasalahan yang ada saat ini adalah Pernikahan Dini sebagai salah satu penyebab stunting.

Gubernur mengapresiasi, selanjutnya akan melakukan sosialisasi. Ini sejalan dengan program Pemprov Babel dalam mengurangi angka pernikahan dini.

“Kegiatan ini, dilaksanakan untuk mengingatkan kita semua betapa indahnya sebuah keluarga yaitu bapak ibu dan anak, serta jangan lupa bahwa anak-anak ini, mempunyai hak yaitu pendidikan, waktu bermain dan untuk mendapatkan pelayanan. Perkembangan otak manusia 75 persen optimal terjadi pada usia 0 hingga 9 tahun. Untuk itu, pada usia ini, tepat kiranya untuk pembentukan karkaternya,” ujar Gubernur.

Sebelumnya, Bunda Paud Babel, Melati Erzaldi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian kesadaran serta peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan media, pemerintah, serta negara dalam memberikan perhatian perlindungan dan pengasuhan keluarga yang berkualitas dan memberikan pemahaman bahwa anak adalah generasi cita – cita perjuangan bangsa.

Karenanya, kata Melati, anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, ketrampilan, jiwa dan semangat kebangsaan, berbudi luhur, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada kesempatan itu juga disosialisasikan tentang Kartu Identitas Anak (KIA) yang harus dimiliki oleh anak – anak. Pemerintah mendorong dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta memberikan diskon khusus bagi pemegang KIA ini. Diharapkan, dengan demikian seluruh anak di Babel akan memiliki KIA.

Pada kesempatan itu, Gubernur dan Bunda PAUD Babel juga memberikan bingkisan dan tabungan kepada Zahra salah satu anak dari Kabupaten Belitung yang tampil dan mampu menghafalkan ayat Suci Alquran hampir 30 Juz.

Gubernur Erzaldi kepada Zahra dalam kesempatan itu, juga menjanjikan akan memberikan Beasiswa.

Turut hadir dalam kegiatan HAN tingkat Provinsi Babel itu, Forkopimda, Wakil Ketua TP PKK Babel Laksmi Abdul Fatah, Kepala DP3CSKB Babel Susanti dan ratusan Anak perwakilan PAUD, TK, SD, SMP dan SMA se-Babel. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.