Pengadilan Negeri Mentok Sidang Menggunakan Teleconference

0
203

Redbabel,Bangka Barat – Pengadilan Negeri Mentok menggelar sidang dengan sarana teleconference untuk mendukung program pemerintah mencegah dan memutus penularan virus korona (covid-19) dengan program Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) dari ruang sidang Garuda Pengadilan Negeri Mentok. Penerapan sidang tersebut menghubungkan Pengadilan Negeri Mentok, Kejaksaan Negeri Bangka Barat dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Muntok pada hari Selasa 7 April 2020.

Persidangan dilakukan juga untuk menindaklanjuti Surat Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 379/DJU/PS.00/3/2020 tanggal 27 Maret 2020 yang pada pokoknya menyatakan dalam masa wabah penyakit akibat virus corona, persidangan perkara pidana dapat dilakukan secara jarak jauh atau teleconference.

Ketua Pengadilan Negeri Mentok, Golom Silitonga, S.H., M.H., mengatakan sidang dilakukan dengan komunikasi jarak jauh antara Hakim, Penuntut Umum, Terdakwa dan Saksi-Saksi.

“Dengan cara itu, sidang bisa dilakukan meski para pihak tidak berada dalam satu ruang sidang” Kata Ketua PN Mentok.

Hari ini ada 13 perkara pidana yang disidangkan, baik pemeriksaan Saksi, pemeriksaan Terdakwa, pledoi, pembacaan tuntutan, dan pembacan putusan.

“Khusus pemeriksaan Saksi, ruangan para Saksi berada di ruang sidang Anak, yang tersambung juga ke ruang sidang Garuda, Kantor Kejari Babar dan Rutan Cabang Muntok” Ujar KPN Mentok

Kedepan apabila sarpras memungkinkan, khusus para saksi anggota Polri, akan disambungkan ke kantor Polres atau Polsek setempat.

“Semoga persidangan berjalan lancar dan pelayanan bagi masyarakat dapat dipenuhi Pengadilan Negeri Mentok dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) ini” Tutup KPN Mentok. (An)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.