Para Petani Singkong Terima Bantuan Pinjaman Dana KUR BRI, Gubernur Tegaskan Hal Ini

0
231

RedBabel, Bangka – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, bersama Kepala Kantor Wilayah Bank BNI  Regional Sumbangsel, Dodi Widjajanto, dan Dirut PT. Sinarbatu Rusa Prima, Irwan Suswanto Samsudin, melaunching Penyaluran Kredit Budidaya Tanaman Singkong Tapioko, dari Bank BRI ke Petani Kemintraan PT. Sinar Baturusa Prima.

Launching dilaksanakan Rabu (7/8/2019) siang, di halaman PT. Sinar Baturusa Prima, Desa Puding Besar, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, ditandai dengan Pengguntingan pita oleh Gubernur Erzaldi.

Selain gunting pita, Gubernur juga menyaksikan penandatanganan penyaluran KUR antara petani dengan Bank BNI dan PT. Sinarbatu Rusa Prima, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis penerima kredit budidaya tanaman singkong dari Gubernur kepada para petani singkong kemintraan PT. Sinar Baturusa Prima.

Gubernur Erzaldi Rosman mengharapkan kepada para petani penerima dana kredit dari Bank BNI agar menjaga kepercayaan dari pihak perbankan dan perusahaan PT. Sinar Baturusa Prima, guna terus berjalannya penanaman pohon singkong.

“Kepercayaan oleh bank BNI dan PT. Sinar Baturusa Prima ini jangan didustakan. Kepada para petani, jaga kepercayaan ini dengan Bank BNI dan perusahaan PT. Sinarbatu Rusa Prima. Jangan sampai nanti sudah di bina, dikasih kredit Petani tidak melaksanakan dengan baik,” Ujar Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan petani, jika sudah berjalan dan membuahkan hasil, jangan lupa membayar hutangnya kepada pihak bank, dan menjualnya kepada PT. Sinar Baturusa Prima selaku mitra petani singkong.

“Yang terpenting ambil pinjamannya, lakukan penanamannya, lakukan panennya dan bayar hutangnya dan ambil untungnya,” Kata Gubernur.

Dijelaskan Gubernur, kehadiran PT. Sinar Baturusa Prima, guna membantu para petani singkong. Sebab, pada waktu itu singkong tidak ada harganya, dan masyarakat selalu bertanya kepada pemerintah.

Dengan adanya perusahaan pengelolaan singkong ini, lanjut Gubernur, diharapkan dapat membantu para petani singkong dalam menjual hasil pertaniannya, sehingga memiliki dampak perekonomian bagi para petani singkong itu sendiri.

“Saya melihat semangat menanam pohon singkong, dan banyak peluang bagi para petani singkong untuk menanam singkong. Saya melihat itu, dan langsung meminta Dinas Pertanian dimana lahan yang kosong, daripada tanam pohon yang tingi-tingi lebih baik tanam singkong, misalnya saja tanam pohon singkong di sepanjang jalan Provinsi,” Ungkap Gubernur.

Pada kesempatan sama, Dirut PT. Sinar Baturusa Prima Irwan Suswanto Samsudin, mengatakan, dengan adanya bantuan dari Bank BNI ini, dapat membantu dan memperlancar para petani dalam menanam pohon singkong.

“Kami berharap jangan ragu-ragu bank menyalurkan bantuannya, sebab yang dibantu ekonomi masyarakat bawah, yang mana ekonomi dasar adalah masyarakat kalangan bawah,” Tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Bank BNI Regional Sumbangsel, Dodi mengatakan, di Lampung BNI sudah melakukan pembiayaan kemintraan kepada para Petani Singkong. Namun di Babel sendiri program ini baru, dan prospek pertanian Singkong ini sangat bagus, sebab permintaan Singkong sangat tinggi, dengan begitu sangat baik sekali kedepannya.

“Kami dari BNI target utama kami karena BNI bank pembiayaan untuk mensejahterakan masyarakat, wujudnya melalui kredit usaha rakyat dengan berbiaya rendah. Dan Kerja sama ini dari waktu-waktu diharapkan terus berkembang,” Harapnya. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.