Pantau Penyakit Lada Anda dengan Aplikasi ini

0
236
Kerjasama Peningkatan Mutu Lada. (*)

RedBabel, Pangkalpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berusaha untuk meningkatkan produktivitas lada petani serta meningkatkan harga jual lada. Harga lada yang kini dikisaran Rp.50.000-an sangat tidak sesuai ongkos atau biaya yang dikeluarkan petani. Untuk meningkatkan daya jual lada ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan kerjasama dan mencari konsumen yang ada di benua Amerika dan Eropa. Sementara itu untuk meningkatkan produktivitas lada ini sejumlah langkah terus dilakukan, termasuk melakukan kerjasama dengan International Pepper Community (IPC).

Kerjasama berupa penggunaan aplikasi berbasis smartphone untuk petani, IPC Farmer App, yang dapat didownload di Google Play Store dan App Store. Setelah regsitrasi, petani atau pihak yang berkepentingan dapat menggunakan aplikasi ini. Kemarin, Kamis (19/07) aplikasi untuk yang pertama di dunia ini diluncurkan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Bangka Belitung. Dalam presentasi dan peluncuran apilkasi ini, Rombongan IPC disambut oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah beserta jajaran dari Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain dihadiri perwakil para petani yang ada di Babel, penyuluh pertanian, pertemuan itu dihadiri pula oleh  Direktur APEC dan Direktur Kerja sama APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan, perwakilan IPC Indonesia Deny W. Kurnia, Staf Ahli Wakil Presiden RI, Muhammad Abduh, Asisten Deputi Hortikultura Kemenko Perekonomian RI Wilistra Danny.

Dalam sambutanya Executif Director IPC, Mrs. Hoang Thi Lien menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas kerjsama dengan IPC, terutama dalam penggunaan aplikasi IPC Farmer App. Menurutnya, melalui aplikasi ini petani dapat mengenali hama dan penyakit yang menjangkit tanaman lada serta mengambil tindakan yang perlu untuk menanggulanginya. Selain itu, melalui aplikasi ini petani dapat menerapkan praktik terbaik untuk ladang mereka melalui aplikasi ini, juga membantu memantau berita terbaru dalam pasar. Aplikasi ini memberikan kekuatan Informasi kepada para petani.

Sementara itu Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan upaya untuk meningkat produktivitas lada Bangka Belitung. “Tentu kita terus berkomitmen untuk membangkitkan kejayaan lada Babel, atau yang dikenal dengan Muntok White Pepper. Aplikasi ini diharapkan akan banyak membantu petani lada. Melalui aplikasi ini petani dapat memantau berita terbaru di pasar lada global dan memantau harga”, Ungkapnya.

“Apilkasi ini memberikan informasi ini kepada petani adalah untuk memungkinkan dia mengambil keputusan yang tepat dalam hal peningkatan area budidaya atau menyimpan stok untuk mengantisipasi harga yang lebih baik. Artinya aplikasi ini memberikan kekuatan informasi di ujung jari petani”, Kata Lien. IPC mengkalim aplikasi tersedia di Google Play Store dan App Store, akan tersedia dalam bahasa Indonesia  dan berfungsi tanpa internet. (Ril/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.