Panitia Kembali Memantapkan Persiapan Festival Kemuja 2018

0
343

RedBabel, Pangkalpinang- Jelang Festival Kemuja Tahun 2018, Panitia Festival Kemuja kembali memantapkan agenda budaya tersebut dengan menggelar rapat bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (15/10/2018).

Rapat tersebut dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Ketua Komite Maulid Nabi Desa Kemuja, dan Kepala Desa Kemuja beserta jajaran.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Babel, Zuardi didampingi Kepala Seksi Kesenian, Saifuddin Zuhri mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu disinergikan dengan baik.

“Ada beberapa hal yang harus kita sinergikan dengan baik agar pelaksanaannya nanti berjalan lancar,” kata Zuardi.

Zuardi juga mengatakan agar setiap pihak terkait dapat mensukseskan Festival Kemuje, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

“Dalam Festival Kemuja ini ada banyak pihak yang terlibat, ada Pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten, hingga Provinsi. Jadi kita berharap dapat memaksimalkan persiapan Festival Kemuja,” katanya.

Zuardi mengungkapkan Festival Kemuja bukan sekedar festival biasa, tapi juga sebagai media promosi budaya Melayu Bangka Belitung.

“Festival Kemuja ini adalah brand dari Festival Seni Budaya Islam yang salah satu tujuannya adalah mempromosikan budaya Melayu Bangka Belitung,” lanjutnya.

Dalam rapat juga dibahas keperluan utama lainnya, seperti penceramah, artis, panggung, tenaga kesehatan, keamanan, dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Windiati juga menyampaikan terdapat variasi untuk tata panggung agar lebih menarik.

“Untuk lay out panggung kita variasikan sedikit supaya lebih bagus dan berbeda dari tahun kemarin,” kata Windiati.

Sementara Ketua Komite Maulid Nabi Desa Kemuja, Syamsudin berpesan agar penampilan sanggar nantinya dapat disesuaikan dengan tema.

“Mohon nanti untuk penampilan sanggar agar menyesuaikan tema. Karena kegiatan ini merupakan momen Maulid Nabi, diharapkan kepada seluruh peserta menggunakan baju yang sopan tapi tetap menarik,” kata Syamsudin.

Festival Kemuja akan diselenggarakan mulai 16 hingga 18 November mendatang, dilanjutkan dengan Festival Budaya Melayu pada 20 hingga 21 November 2018. (*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.