Mufidah Jusuf Kalla Buka Sinergi Dekranas dengan Kementerian KUKM dan Kementerian Perindustrian di Babel

0
180

RedBabel, Bangka Tengah- Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), yang juga merupakan Ibu Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla, Kamis (15/11/2018) pagi, membuka Kegiatan Sinergi Dekranas dengan Kementerian KUKM dan Kementerian Perindustrian dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Perajin di Bangka Belitung (Babel).

Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Mufidah Jusuf Kalla tersebut, dilaksanakan di Hotel Novotel di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Ikut mendampingi dalam kesempatan itu, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan sejumlah Istri Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman beserta Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi.

Ketua Dekranas RI Mufidah Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan, saat ini, industri kerajinan telah berkembang pesat di seluruh pelosok nusantara dari sekala mikro, kecil sampai menengah, yang bahan baku tersedia di setiap daerah.

Persaingan produk kerajinan di pasar global saat ini, kata dia, semakin ketat dan berbagai kendala juga dihadapi, terutama hal permodalan, pemasaran, teknik produksi dan lainnya. Oleh karena itu, dikatakan Mufidah, diperlukan upaya – upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat lagi dalam berusaha, sehingga mampu bersaing dan laku di pasar.

Sebelumnya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Industri kecil di Babel saat ini, sedang bangkit-bangkitnya atas upaya pembinaan dari Dekranasda, TP PKK, Kementerian UMKM dan Perindustrian, juga Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Program UMKM 1001 enterprenuer.

Melalui program ini, kata Erzaldi, dapat menghasilkan enterpreneur dengan mengandalkan sistem berbasis teknologi. “Kehadiran Ibu Ketua Dekranas memberikan suatu energi bagi kami. Semoga energi ini, terus viral dan memberikan semangat bagi ekonomi, khususnya UMKM dan Perindustrian di Banel,” harap Erzaldi.

Gubernur menambahkan, Bangka Belitung saat ini, bertransformasi dari sektor pertambangan ke Pariwisata, yang di dukung dengan pertumbuhan ekonomi dan UMKM. “Tanpa adanya dukungan dari UMKM, tentu Pariwisata tidak akan maju dan berkembang,” ujarnya

 

Terima Anggrek Bangka Belitung

Disela-sela Pembukaan Kegiatan Sinergi Dekranas dengan Kementerian KUKM dan Kementerian Perindustrian dalam Upaya meningkatkan Daya Saing UKM Perajin di Bangka Belitung, Ketua Dekranas mendapat kehormatan menerima Anggrek Bangka Belitung yang diserahkan langsung oleh Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi.

Anggrek Varietas Baru asli Bangka Belitung ini, merupakan hasil penelitian Bangka Flora Society, yang penamaannya diambil dari nama Ketua Dekranas, yaitu Anggrek Mufidah Jusuf Kalla.

Selain itu, dalam kesempatan sama, juga digelar Fashion Show yang menampilkan Busana Cual dan Batik Bangka Belitung dari para Pelaku UMKM Bangka Belitung.

Diakhir acara, Istri Wapres Jusuf Kalla ini, turut larut dalam kegembiraan dengan berdincak (menari) bersama saat dilantunkan lagu Zapin Melayu Bangka Belitung suguhan Paduan Suara ASN Pemprov Bangka Belitung.

Kegiatan Sinergi Dekranas dengan Kementerian KUKM dan Kementerian Perindustrian dalam Upaya meningkatkan Daya Saing UKM Perajin di Bangka Belitung ini, meliputi Sosialisasi Program KUR, Bimtek Peningkatan Kualitas Produk KUMKM, Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Vocational Pewarnaan Alam Batik Bangka Belitung, Sosialisasi Dana Bergulir, Bimtek Pakaian Jadi Berbahan Kain Cual, dan Bantuan Peralatan Alat Tenun Bukan Mesin dan Mesin Jahit. (*****)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.