Mikron Pimpin Rapat Bantuan Tahap Kedua dari Babel Peduli untuk Sulteng

0
266

RedBabel, Pangkalpinang- Musibah bencana tsunami yang meluluhlantahkan Sulawesi Tengah hingga mengalami kerugian lebih dari Rp 21 Trilyun beberapa waktu yang lalu tepatnya di Palu dan Donggala masih menyisakan derita mendalam bagi para korban. Pun demikian, sebagai sesama manusia terlebih masih sesama satu bangsa dan negara yang terbingkai di Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI) ternyata membuat masyarakat Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turut berduka dan peduli melihat saudaranya disaat terkena musibah.

Setelah berbondong-bondong warga Babel menyalurkan bantuannya untuk Sulawesi Tengah (Sulteng), kini dari Gerakan Babel Peduli untuk kedua kalinya kembali akan memberikan bantuan dari warga Babel untuk Palu dan Donggala setelah sebelumnya Tim Babel Peduli menerjunkan langsung Relawannya serta mengirimkan 5 (lima) kontainer berupa pakaian makanan untuk warga Sulawesi Tengah.

Kamis pagi (8/11), tepat pukul 10.00 Wib Tim Babel Peduli menggelar Rapat konsolidasi untuk kali keduanya memberikan bantuan ke Sulawesi Tengah, perwakilan Komunitas pun nampak hadir di Kantor Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna menyepakati bentuk sumbangan apa yang akan diberikan mengingat bantuan kedua kalinya ini yang dikoordinir Gerakan Babel Peduli berupa uang tunai dari warga, donatur dan komunitas di Babel untuk Sulawesi Tengah yang jumlahnya lebih dari Rp 600 juta.

“Terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibu di Forum yang mulia ini, seharusnya Senin pekan lalu kita hadir disini tetapi seperti yang kita ketahui ada musibah jatuhnya pesawat Lion Air tujuan Pangkalpinang jadi agenda rapat pembahasan bantuan ke Sulteng (Sulawesi Tenggara)kita tunda dan baru bisa kita laksanakan hari ini”, Ungkap Mikron Antariksa, Koordinator Babel Peduli.
Mikron yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga mengucapkan rasa terimakasihnya atas kehadiran dari beberapa komunitas dan organisasi dan para donatur yang sebelumnya telah menggalang dana untk Palu dan Donggala serta Sulawesi Tengah umumnya.

Rapat yang berlangsung hingga pukul 13.00 Wib tersebut memutuskan bahwa bantuan tahap kedua dari donasi yang diamanahkan lebih dari Rp 600 juta tersebut akan disalurkan dalam bentuk pengiriman relawan petugas trauma hiling serta resiko sosial dan tenaga guru untk ditempatkan di beberapa sekolah darurat. Kemudian memberikan kaos orange guna membangkitkan semangat korban bencana alam di Sulawesi Tengah dengan #Sulteng Bangkit dari Babel Peduli, pembangunan fasilitas air dan MCK, pengiriman relawan dapur umum untuk makanan 1000 bungkus per hari yang berada ditiga lokasi titik pengungsian bencana. “Kita peduli tetapi kita harus terencana”, Tegas Bang Mik sapaan Mikron Antariksa.

Pengiriman dan penempatan relawan akan dimulai minggu ketiga bulan November 2018 hingga bulan Desember 2018. Mikron memastikan bahwa bantuan yang diamanahkan masyarakat Babel melalui Babel Peduli baik pada tahap pertama yang lalu dan yang kedua kalinya ini elah terealisasi dan diberikan semua kepada masyarakat Sulawesi Tengah terutama Palu dan Donggala. Beberapa perwakilan komunitas yang hadirr nampak Aktifis HNSI, KNPI, Mahasiswa, Guru serta yang lainnya. (Vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.