Meriahkan HUT RI ke-73, TNI Bersama Rakyat Gelar Lomba Dayung

0
336

RedBabel, Belitung- Dalam Rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yg ke 73, Kodim 0414/Belitung bersama Masyarakat Kecamatan Membalong menggelar lomba dayung sampan, kegiatan berlangsung di Desa Lasar Dusun Dudat Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Selasa (14/08). Dalam hal ini kegiatan dayung dengan menggunakan sampan merupakan salah satu budaya masyarakat Belitung.

Tampak terlihat antusias masyarakat dalam menyaksikan perlombaan dayung yang di ikuti sebanyak 91 peserta dari lima Dusun yang berada di Desa Lasar. Adapun kategori dalam perlombaan kali ini yaitu kelas dayung putra tunggal yang diikuti sebanyak 48 peserta dan juga kelas Dayung Putri yang diikuti sebanyak 26 peserta, selain itu ada juga peserta dari pasangan suami istri yang diikuti sebanyak 17 peserta. Dalam perlombaan dayung sampan hari ini merupakan babak penyisihan kemudian di lanjutkan besok untuk pelaksanaan final dari 3 kelas yang di pertandingkan.

Danramil 04/Membalong Kapten Inf Aziri seijin Dandim Letkol Inf Indra Padang mengatakan, “Lomba Dayung ini merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh warga Lasar Setiap tahunnya dan merupakan hiburan rakyat yang perlu dijaga dan di lestarikan kearifan lokal Belitung”, Ujarnya. Ditempat yang sama Zani selaku Kades Lasar menambahkan, “Lomba dayung ini dilaksanakan setiap tahun untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI dulu Pahlawan berjuang mengusir penjajah dan untuk sekarang kita mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif seperti lomba dayung yang dilaksanakan pada hari ini”, Ungkapnya. Dalam pembukaan lomba dayung sampan dihadiri langsung Kepala Desa Lasar Bapak Zani, Pasi ter kodim 0414/Belitung Kapten Hermansyah, Danramil 04/Membalong dan Kadus Dudat, Haryadi. (Ril/sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.