Mengkampanyekan Pahlawan Nasional Asal Babel di Kampung Rasau

0
1119

RedblBabel, Pangkalpinang- Sejak awal tahun 2018 berbagai elemen masyarakat berusaha mewujudkan Pahlawan Nasional dari Provinsi Bangka Belitung sebagai bentuk kecintaan dan penghargaan atas perjuangan tokoh di masa lalu. Satu-satunya Provinsi di Indonesia yang belum memiliki pahlawan nasional adalah Bangka Belitung, padahal peran bagi kemerdekaan Republik Indonesia luar biasa.

Tokoh terbaik diusulkan sebagai calon Pahlawan Nasional yakni Depati Amir dan HAS Hananjoedin. Berkas usulan telah dinyatakan lengkap oleh Kementrian Sosial dan dibahas TP2GP. Sambil menunggu keputusan Presiden Republik Indonesia pada 10 November, Yayasan Tanah Pusaka dan POKDARWIS Pangkalpinang menyelenggarakan kampanye Pahlawan Nasional di Kampung Rasau Taman Mandara dengan memasang Gapura bertema Pahlawan Nasional Kite.

Selain itu akan ada pameran perjuangan Depati Amir dan HAS Hanandjoedin, tempat berfoto dan baliho dukungan berupa tandatangan masyarakat. Saat ditemui dilokasi Kampung Rasau Ali Usman jumat malam (11/08) mengatakan, “Saya bersama Pak Akhmad Elvian konsisten dari awal pengusulan untuk mewujudkan Pahlawan Nasional dari Bangka Belitung. Kampanye ini bagian dari strategi itu”, Tgas Ali Usman, pengurus Yayasan Tanah Pusaka. “Selain itu kita perlu perbaikan nama plang jalan Depati Amir, sosialisasi riwayat perjuangan kedua tokoh tersebut di kalangan pelajar dan cetak buku biografi Depati Amir.

“Kami mohon dukungan seluruh elemen masyarakat agar Provinsi Babel punya Pahlawan Nasional”, Imbuh Ali Usman. “Kami ingin turut andil dalam proses mewujudkan Pahlawan Nasional dan menghadirkan di Kampung Rasau”, Ujar ketua Pokdarwis, Yudi Wahyudi. Rencananya kampanye Pahlawan Nasional ini akan berlangsung sampai bulan November, sambil menunggu kepastian dari pemerintah pusat memberi anugerah Pahlawan Nasional terhadap tokoh terbaik Bangka Belitung. Semoga segala upaya ini terwujud. Amin. (Sdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.