Memasuki Tahun 2020, Gubernur Erzaldi Fokus Pendistribusian Bibit Lada

0
139

RedBabel, Pangkalpinang- Lada dan Sawit menjadi salah satu komodisi prioritas Gubernur Babel. Gubernur Erzaldi sangat konsentrasi agar komoditi prioritas ini bisa tersalurkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh petani, sehingga focus dalam persiapan 2020 terkait komoditi ini.

Persiapan tahun 2020 ini, seperti pengadaan bibit lada telah disiapkan sejak 2019. Langkahnya, telah disosialisasikan kepada mitra pengadaan bibit lada, agar disiapkan bibit dengan perkiraan jumlah sebanyak 2,7 juta bibit.  Kemudian, perlu disiapkan persyaratan umum dan khusus seperti sertifikasi kwalitas bibit dan agar segera mendaftarkan diri ke ULP Provinsi, sebab pengadaan bibit Tahun Anggaran 2020 menggunakan sistem e-catalog daerah.

Setelah beberapa kali rapat koordinasi bersama Dinas Pertanian dan beberapa pihak terkait penggiringan program komoditi lada dan sawit, hari ini Gubernur Erzaldi kembali mengadakan rapat koordinasi, di Rumah Dinas Gubernur Babel, Sabtu (14/12). Rapat ini lebih pada rapat evaluasi setelah 2 (dua) rapat sebelumnya.

Evaluasi yang dibahas terkait sejauh mana persiapan-persiapan menjelang Tahun Anggaran 2020 ini. Seperti penyusunan langkah-langkah pengiriman bibit agar tidak pada waktu musim panas.
Pada Januari dan Februari 2020, ditargetkan agar selesai pendisitribuasian bantuan bibit lada ini kepada petani.

Selain focus terkait bibit yang berkwalitas sampai pada petani dan tepat penanamannya, dibahas juga mengenai junjungan tanaman lada. Menurut Juaidi,  Kepala Dinas Pertanian Babel, bahwa junjung lada telah disampaikan dan ditanam oleh petani di akhir 2019 ini.

“SOP terkait junjungan harus disosialisasikan dengan tepat kepada para petani agar dikerjakan sesuai SOP dengan baik”, tegas Gubernur agar kwalitas terjaga sejak junjungan tertanam hingga penyemaian dan menjadi tanaman lada yang berkwalitas.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.