Melati Erzaldi Pimpin Upacara Prosesi Api Unggun di Pertinas SWBB

0
258

RedBabel, Bangka Induk- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi, memimpin Upacara Prosesi Api Unggun Perkemahan Bakti Tingkat Nasional Saka Widya Budaya Bakti (Pertinas SWBB), di Bumi Perkemahan Depati Amir Balun Ijuk, Bangka, Sabtu (24/11/2018) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan sebelum Upacara Penutupan ini, merupakan ritual wajib yang dilakukan di setiap Perkemahan Pramuka.

Kakwarda Melati Erzaldi yang juga merupakan Istri orang nomor satu di Bangka Belitung ini, berkesempatan menyalakan Api Unggun Utama Pertinas SWBB, diikuti 10 api unggun lainnya yang merupakan simbol dari Dasa Dharma Pramuka.

Dalam sambutannya, Melati Erzaldi mengatakan, serangkaian kegiatan Pertinas SWBB ini akhirnya memasuki Acara Puncak.

Kegiatan Api Unggun ini, dijelaskan Melati, bukan hanya suatu bentuk kegiatan bakar membakar saja, namun lebih dari itu yaitu simbol penerangan yang akan memberikan banyak cahaya di tengah kegelapan.

“Diharapkan para anggota Pramuka menjadi seperti api yang bersahabat memberikan penerangan di tengah kegelapan, dan memberi kehangatan di tengah kedinginan. Dengan arti lain menjadi sosok manusia yang terus memiliki manfaat bagi manusia lain. Bukan sebaliknya menjadi seperti Api yang menghancurkan dan memberikan kerugian bagi sekitarnya,” ungkap Melati.

Kegiatan Pertinas SWBB ini, ditambahkan Melati, memang sudah selesai, tetapi Lingkaran Persaudaraan yang dibentuk pada malam ini, akan berjalan mengelilingi Nusantara yang dimulai dari Negeri Serumpun Sebalai Bangka Belitung.

Oleh sebab itu, Kwarda Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung ini, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kekurangan, ┬ákritik dan saran yang diberikan akan menjadi masukan untuk berbenah dalam penyelenggaraan event- event nasional maupun internasional kedepan,” kata Melati.

Selain Prosesi Api Unggun, dalam acara ini juga ditampilkan aneka kreasi yang salah satunya adalah penampilan Tari Campak Bangka Belitung persembahan Saka Widya Budaya Bakti Bangka Belitung yang Para Tamu Undangan dan peserta ikut berdincak (menari) bersama. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.