Melati Erzaldi : Pendidikan Karakter Harus Dilakukan Sejak Usia Dini

0
35

RedBabel -BASEL– Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik, pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik dan terarah.

Anak usia dini merupakan masa yang tepat bagi pembentukkan karakter, karena pada usia dini 0-5 tahun kapasitas otak anak 85 persen mudah dibentuk. 

Melati Erzaldi memberikan arahan terkait pendidikan usia dini pada saat menghadiri distribusi majalah PAUD di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan. Kamis,(19/11/20).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Khusus dinas pendidikan kepulauan Babel mewakili Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kepulauan Babel, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Ketua Pokja Bunda PAUD Prov. Kepulauan Babel ,Wakil Pokja Bunda PAUD Kab. Bangka Selatan, dan perwakilan Pokja Bunda PAUD se-kecamatan di wilayah Bangka Selatan.

Baca Juga : Sambut Penyelenggaraan Event Akhir Tahun di Babel, Gubernur Erzaldi Lakukan Hal Ini

Dalam sambutannya Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi menjelaskan bahwa pembentukan karakter adalah tergantung dari orang tua. 

“Saya bunda PAUD provinsi terus melakukan monitoring terhadap kinerja bunda PAUD se-kabupaten/kota karena, tanggung jawab kita terhadap anak usia dini tidaklah kecil dan dapat memberikan dampak bagi keberadaan bangsa kita,” ungkapnya.

Menurutnya, inilah peran bunda PAUD, yang mana semua pihak harus bersama, bersinergi, dan berkolaborasi. Hingga ini menjadi perhatian bagi semua pihak, termasuk pemerintah pusat.

Sebagai harapan bangsa Indonesia, pendidikan anak usia dini harus menjadi generasi emas yang berkarakter baik, kokoh, tangguh, mandiri, dan berdaya saing.

Sementara itu, Bunda Melati menjelaskan bahwa majalah PAUD yang telah didistribusikan dapat menjadi kontributor dan inspirasi bagi bunda PAUD kecamatan yang ada di kabupaten/kota, terutama  mendorong bagi tenaga pendidik PAUD untuk terampil menulis serta, menuangkan konten-konten pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi anak usia dini.

“Semoga 6.450 majalah PAUD yang telah didistribusikan menjadi bermanfaat dalam membuka wawasan pengetahuan bagi tenaga pendidik PAUD se-kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan,” ungkapnya. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.