Mahasiswa KKN UBB Desa Bintet Buat Kolam Percontohan

0
299

RedBabel, Bangka Induk- Jumat, 20 juli 2018 Mahasiswa KKN UBB Desa Bintet membuat kolam percontohan, kolam tersebut merupakan kolam yang dibuat untuk budidaya ikan air tawar, budidaya ikan air tawar adalah top projek dari mahasiswa KKN UBB Desa Bintet.
Divisi akuakultur Yogi mengatakan bahwa kolam ini nantinya akan dipelihara ikan air tawar, sejauh ini benih yang sudah disiapkan yaitu benih ikan patin dan nila, konsep kolam yang dibuat adalah kolam dengan sistem kerambah jaring tancap karena cocok dengan kondisi air kolam tersebut , untuk fisik kolamnya sendiri saat ini pengerjaannya sudah sekitar 75%, dan perkiraannya kolam tersebut akan selesai dalam waktu 5 hari, dan kemudian akan dilakukan penebaran benih ikan patin dan nila.

Masyarakat Bintet banyak berharap kepada mahasiswa KKN UBB Desa Bintet terkait dengan budidaya ikan air tawar yang digarap oleh mahasiswa KKN tersebut, karena selama ini belum ada pendidikan kepada masyarakat baik itu secara teori maupun lapangan mengenai budidaya ikan air tawar kepada masyarakat Bintet.
“Dengan adanya kolam percontohan yang dibuat oleh mahasiswa KKN Bintet sangat membantu kami (masyarakat) dalam pengetahuan tentang budidaya ikan air tawar baik itu secara teori maupun lapangan, selain itu juga besar harapan masyarakat agar budidaya ikan air tawar yang dilakukan mahasiswa KKN UBB Desa Bintet ini berhasil dan dapat menjadi alternatif mata pencaharian kami masyrakat karena selama ini masyarakat hanya bergantung pada hasil laut saja.” Pungkas Iwan Salah satu masyarakat Desa Bintet.

Selain itu juga Novan dari divisi pertanian mengatakan bahwa pematang kolam nanti akan dimanfaatkan sebagai lahan penanaman berbagai macam tanaman sayuran seperti cabe, sawi, seledri, terong, dan jagung. (Apr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.