Lakukan Penanaman Padi Serentak, Gubernur Erzaldi Berharap Basel Menjadi Lumbung Pangan

0
180

RedBabel, Bangka Selatan – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Selasa (6/8/2019) pagi, melakukan Penanaman Padi Bersama dalam rangkaian Gerakan Tanam Serentak Prukades Tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Pulau Besar, Bangka Selatan.

Sekjen Kementan, Direktur PDT, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, Pj Sekda Babel, Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Babel, Ceppy Nugraha, Kepala Dinas Pemdes Babel, Yuliswan, Pejabat dari Kementerian Pertanian, Kementerian  Transmigrasi dan Pedesaan, turut serta dalam Gerakan Tanam Serentak tersebut.

Penanaman Padi Bersama di kawasan transmigrasi itu, menggunakan alat tanam atau alat mesin pertanian berupa Traktor Mini roda dua yang telah dirancang  khusus untuk  menanam padi.

Pelaksanaan tanam padi, yang dilakukan oleh Gubernur Erzaldi bersama para pejabat terkait di daerah bagian selatan Pulau Bangka itu, dalam kondisi cuaca yang sangat mendukung.

Jenis padi yang ditanam oleh gubernur bersama-sama pejabat merupakan padi varietas inpari 30.

Kegiatan ini dilakukan adalah sebagai upaya untuk menggenjot peningkatan produksi padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dalam rangka memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat Babel terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten.

Gubernur Erzaldi menginginkan ke depan, Kabupaten Bangka Selatan bisa menjadi Lumbung Pangan, terutama Padi bagi Babel.

“Ini menjadi tantangan bagi kami, dimana tahun lalu, kami melakukan dialog ke beberapa  kelompok tani dan masyarakat Batu Betumpang,  dan hari ini (Selasa-red) sudah terjawab, dilakukan Gerakan Tanam Serentak Prukades Tanam Padi,” Kata Gubernur.

Oleh karenanya, Erzaldi meminta agar para Petani bersungguh – sungguh dalam  melakukan penanaman padi hingga proses panen nanti. Agar dapat berjalan baik, petani akan didampingi oleh para Tenaga  Penyuluhan dari dinas pertanian.

“Saat ini, produksi padi dari Bangka Belitung sebesar 20 persen untuk memenuhi hasil pangan kita, sedangkan 80 persen adalah dari luar, sehingga Pemprov ingin secara bertahap untuk ditingkatkan,” Ujar Erzaldi.

Beberapa waktu yang lalu, ditambahkan Gubernur Erzaldi, beberapa Menteri terkait yang disaksikan Presiden Jokowi telah menandatangani kerjasama dalam pengembangan pertanian di Babel. Sehingga ke depan masing – masing instansi terkait itu, akan saling berkolaborasi dalam pembangunan pertanian dan infrastruktur di Babel.

“Untuk Provinsi nanti, akan membantu jalan produksi, dari kementerian akan membantu alsintan,” Ungkap Gubernur Erzaldi. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.