Kunjungi Panti Sosial Bina Laras Hijrah, Erzaldi Canangkan Pengelolaan Peternakan

0
66
Gubernur Erzaldi Saat Berbincang Dengan Salah Satu Penghuni Panti Sosial Bina Laras Hijrah di Desa Ngarauan Belitung Timur

RedBabel-BELTIM – Faktor yang sangat penting bagi proses rehabilitasi sosial yakni pembinaan yang baik dengan melakukan aktifitas yang positif, sehingga penerima manfaat itu sendiri dapat kembali hidup secara normal dan dapat bersosialiasi kembali dengan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Bina Laras Hijrah yang berada di bawah naungan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Babel di Desa Ngarauan Kabupaten Belitung Timur, Selasa (6/7/2021).

Guna mewujudkan hal tersebut, Gubernur Erzaldi mencanangkan program peternakan domba yang baru-baru ini digagasnya untuk diimplementasikan di panti sosial tersebut.

Ide ini muncul setelah Gubernur Erzaldi mendapat penjelasan Kadinsos PMD Babel, Budi Utama bahwa lahan seluas 3 hektar di UPTD ini belum termanfaatkan. Dirinya berharap dengan pengelolaan peternakan oleh penerima manfaat menjadi salah satu solusi untuk mengisi aktifitas mereka sehingga mendorong pemulihan jiwanya lebih cepat.

“Luasan tiga hektar bisa kita berdayakan dengan program KUR untuk ternak domba, setidaknya 3000 domba bisa diternak di sini,” jelas Gubernur Erzaldi kepada Kepala UPTD.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Erzaldi berkeliling panti untuk menyapa para penerima manfaat yang berjumlah 20 orang, dan 2 orang diantaranya adalah wanita yang juga tinggal di asrama panti.

Saat berdialog dengan warga penerima manfaat. Beberapa diantara mereka memuji kinerja Gubernur Erzaldi dan mengaku begitu kenal dengan sosok Bang ER (sapaan akrab Gubernur Erzaldi) sebagai orang nomor satu di Babel ini.

“Nanti bapak ajarkan kalian membuat kandang dari kayu, masing-masing kalian harus memelihara domba setidaknya 200 ekor,” janji Gubernur Erzaldi yang disambut riuh tepuk tangan dan ucap syukur.

Gubernur juga menekankan kepada para pegawai UPTD agar penerima manfaat diberi perhatian khusus agar mereka terjaga dengan baik dan tidak membahayakan diri sendiri maupun warga sekitar.

Selain itu, agar penerima manfaat yang membutuhkan perawatan khusus agar terbina dengan baik, Gubernur Erzaldi berencana menghadirkan psikolog dan pihak TNI.

“Saya minta Danlanud menugaskan anggota TNI untuk menjaga dan membina kedisiplinan mereka,” ungkap Gubernur Erzaldi langsung kepada Danlanud Rudi yang ikut mendampingi beberapa agenda Gubernur hari ini dan menyatakan akan segera menugaskan anggotanya secara bergantian.

BACA JUGA : Belitung Tuan Rumah MNEK Ke-4, Gubernur Erzaldi : Ini Momentum Untuk Promosi

Pada kesempatan tersebut, Kepala UPTD, Fitiryanto juga menyampaikan berbagai kendala dan kekurangan fasilitas untuk warga penerima manfaat hingga keterbatasan sarana dan prasarana di kantor tersebut.

Tak tunggu waktu lama, setelah melihat langsung kondisi di UPTD tersebut, Gubernur Erzaldi langsung memberi arahan kepada Kadinsos PMD Babel untuk segera mengadakan fasilitas yang dibutuhkan agar dapat mendukung aktifitas mereka.

“Fasilitas yang baik harus disiapkan, karena terkait dengan kinerja pegawai dan kelayakan warga penerima manfaat,” pungkasnya. (*RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.