Kunjungi Babel, Pihak USAHID Tawarkan Pengembangan Pariwisata dan Kewirausahaan

0
247
Wagub Babel Foto Bersama Pihak USAHID. (*)

RedBabel, Pangkalpinang- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fattah, Rabu (30/05) siang di Ruang Tanjung Pendam Lantai I Kantor Gubernur Babel, menerima kunjungan Pimpinan Universitas Sahid Jakarta (USAHID), dalam Rangka Penguatan Pariwisata dan Kewirausahaan. Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Babel, M.Rivai, Asisten Bidang Ekonomi dan Kesra, Haryoso, dan diikuti oleh Kepala Biro Pemerintahan Babel M. Haris, Kepala Bappeda Babel, Ferry Insani, Dinas Pendidikan Babel, Biro Perekonomian Setda Babel, Wagub mendengarkan Paparan Pimpinan Universitas Sahid Jakarta, yang diwakili Wakil Rektor 3, Bernard Hasibuan, terkait wacana Kerjasama antar kedua Lembaga dalam Penguatan Sektor Pariwisata dan Kewira Usahaan di Bangka Belitung.

Wakil Rektor 3 Universitas Sahid (USAHID) Jakarta menyampaikan bahwa USAHID Jakarta yang mempunyai Visi Menjadi Universitas Unggul Bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan, memiliki 5 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana dengan 11 Program Studi dan memiliki rekanan sekitar 41 Universitas baik di dalam maupun luar negeri. Dijelaskannya, dalam Pengembangan Pariwisata ini, USAHID tidak hanya terfokus pada mendapatkan Lisense tetapi juga multi dimensi, bukan hanya secara mikro tetapi secara makro. Juga Kewirausahaan yang bukan hanya mendorong masyarakat untuk berwirausaha saja, tetapi membantu menumbuhkan jiwa kewirausahaan sebagai Dasar yang kuat khusunya dalam menyambut MEA.

Berbagai penelitian juga telah dilaksanakan oleh USAHID di setiap destinasi pengembangannya. Dan rencananya pada tahun depan Destinasi Tanjung Kelayang, Belitung akan menjadi prioritas. Dari penelitian itu disimpulkan bahwa nilai kunjungan wisatawan tidak sebanding dengan nilai pendapatan daerah yang dirasa masih dibawah. Dengan Latar Belakang itu, dan melihat Bangka Belitung yang memiliki keindahan alamnya menjadi prospek bagi USAHID, yang ingin membantu peningkatan Pengembangan Pariwisata dan Kewirausahaan di Bangka Belitung.

Banyak hal, kata Wakil Rektor 3 USAHID,  yang bisa dilakukan dengan kerjasama ini antara lain Pengembangan SDM terkait Beasiswa, KKN mahasiswa di Bangka Belitung maupun Pengembangan Areal Eks Tambang menjadi Destinasi Wisata. Dan kerjasama ini menurutnya, menjadi payung hukum untuk pelaksanaan hal tersebut. Menanggapi hal tersebut, Wagub Abdul Fatah menyambut baik rencana tersebut. Dijelaskannya, pertumbuhan pariwisata Bangka Belitung menunjukkan peningkatan. Seperti Kunjungan ke Tanjung Kelayang, Belitung menurut Data pada tahun 2016 tercatat 123.841 wisatawan, yang terbagi menjadi 120.000 wisatawan Lokal dan 3.841 wisatawan mancanegara.

“Pada tahun 2017 kunjungan mencapai 165.802 wisatawan, 160.956 wisatawan lokal dan 4.846 wisatawan mancanegara. Hal ini menunjukkan dari tahun ke tahun mengalami tren kenaikan terlebih setelah Kawasan Ekonomi Khusus dibangun di tempat itu”, Ujar Wagub. Kerjasama ini, menurutnya, untuk pengembangan Pariwisata dan Kewirausahaan Babel melalui pengembangan sumber daya manusia, bukan hanya kemampuan Pendidikan saja, tetapi juga secara teknis seperti upaya pengembangan UMKM masyarakat. Melalui Kerjasama ini diharapkan Kepariwisataan Bangka Belitung akan lebih meningkat.

Namun, Wagub Abdul Fattah mengingatkan, harus ada penyempurnaan dari Draft Kerjasama ini, mengingat sebelumnya telah ditandatangani kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Yayasan Sahid, yang menaungi USAHID ini. Untuk itu, dirinya meminta kepada OPD terkait untuk menyelesaikan hal ini, sehingga di waktu yang akan datang dalam pelaksanaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Diakhir pertemuan tersebut, juga dilaksanakan pemberian Cinderamata oleh kedua belah pihak. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.