Kukuhkan Pengurus LEM Kecamatan Air Gegas Ini yang Menjadi Harapan Gubernur

0
185

RedBabel, Bangka Selatan – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, mengukuhkan Pengurus sekaligus mensosialisasikan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di lima Desa yaitu Desa Air Gegas, Desa Air Bara, Nangka, Bencah dan Desa Irat Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan.

Pengukuhan dilaksanakan Senin (5/8/2019) siang di Balai Desa Air Gegas, turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Kades, tokoh masyarakat, para petani, santri dan santriwati Yayasan Pesantren Darul Istikomah Air Gegas.

Gubernur Erzaldi Rosman mengharapkan, keberadaan Lembaga Ekonomi Masyarakat ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Hari ini telah mensosialisasikan, sekaligus mengukuhkan Lembaga Ekonomi Masyarakat. Lembaga ini, mengelompokan masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi,“ Kata Gubernur.

Dengan terbentuk dan dikukuhkannya Pengurus Lembaga Ekonomi Masyarakat ini, menurut Gubernur Erzaldi, diharapkan nantinya ekonomi masyarakat yang berada di desa-desa semakin maju, dan mengalami peningkatan, serta semakin membantu nilai tukar petani, sehingga membawa kesejahteraan buat masyarakat, khususnya masyarakat petani.

“Kita berharap ekonomi masyarakat semakin meningkat, karena biasanya kelapa sawit dibeli dengan harga 500 dari tengkulak, dengan klasifikasi yang tidak jelas. Dengan adanya Lembaga ini, masyarakat akan semakin jelas harga dan klasifikasi sawitnya seperti apa,” Tuturnya.

Pengurus Lembaga Ekonomi Masyarakat yang telah ada ini, ditambahkan Gubernur, nantinya akan di didik dan dilatih bagaimana cara mengelola dan membeli sawit yang baik.

“Lembaga ini baru, nanti mereka (Pengurus LEM-red), akan mendapatkan bantuan pelatihan manajemen keuangan, bagimana mereka mengelola dan membeli produk pertanian menjadi nilai tambah bagi para petani,” Ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi menambahkan, Lembaga Ekonomi Masyarakat ini, baru dibentuk di Babel, dan pembetukan Lembaga ini, sangat penting bagi masyarakat, dalam rangka mengembangkan semua produk komoditi pertanian, karena kedepan membangun pertanian harus berkelompok, tidak bisa masing-masing.

Jika masing-masing atau sendiri-sendiri dalam mengembangkan produk pertanian, lanjut Juaidi, tentunya tidak memiliki kekuatan dalam mengelola pertanian. Oleh sebab itu, perlu adanya lembaga. Lembaga inilah yang nantinya dapat membantu sektor produk pertanian yang berada di Kecamatan Air Gegas, dan program kerjanya mirip Bumdes, namun lebih terarah kepada produk sektor pertanian.

“Lembaga Ekonomi Masyarakat ini, suatu wadah, gabungan dari kelompok-kelompok tani, dan membantu mengembangkan komoditi yang ada di Bangka Selatan ini,” tambah Juaidi.

Juaidi berharap, Lembaga ini, bisa mengembangkan sektor pertanian dari hulu sampai ke hilir. Mengenai tugasnya tentu berbenda-beda, ada yang mengurusi bibit dan ada yang mengurusi pupuk organik dan pasca panen. Dan kehadiran Lembaga ini, sangat penting dan harus fokus komoditinya dan lokasi pertaniannya.

“Kalau lada, maka lada saja. Tahun 2020, Bangka Selatan menjadi pilot projek, dan akan diintegrasikan dengan pertanian,” Imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Air Gegas Masrin mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi karena telah hadir dalam Pembetukan dan Pengukuhan Lembaga Ekonomi Masyarakat, sembari berharap Program LEM ini, dapat bermanfaat buat para masyarakatnya. (*AB/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.