Kombes Pol Indra Krismayadi : Zirkon di Pangkalbalam Itu Legal

0
314

Redbabel, Pangkalpinang – Menindaklanjuti berita yang beredar tentang informasi bahwa adanya temuan zirkon ilegal di Pangkalbalam, Direktur Reskrimsus Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Indra Krismayadi menegaskan, bahwa zirkon yang ada di Pelabuhan Pangkalbalam tersebut adalah legal.

Hal tersebut diungkapkanya di ruang dirkrimsus polda babel ,Hari Senin (15/07) siang, sekitar jam 15.00

Kombes Pol Indra Krismayadi mengatakan pemberitaan beberapa Hari ini terkait pengiriman menurutnya telah menciderai iklim investasi di Bangka Belitung. Sebab banyak pihak yang ingin berinvestasi disini, yang mana hal tersebut berdampak positif dalam lingkup lapangan kerja di Babel.

Ia menjelaskan, berdasarkan Pasal 35 UU Minerba dikatakan apabila seseorang atau badan usaha melakukan usaha penambangan dia harus memiliki 3 izin yaitu IUP, ITR dan IUP Khusus.

Disampaikannya kepada awak media, bahwa perusahaan yang memiliki zirkon tersebut mengantongi semua izin tersebut dan dinyatakan legal.

“Zirkon itu legalitasnya legal, kemarin kami sudah turunkan tim untuk melakukan investigasi terkait hal tersebut.selanjutnya tim kami turun ke perusahaan bersangkutan dan kemudian mengecek kelengkapan surat surat administrasi dari perusahaan dan ternyata perusahaan tersebut mengantongi izin semuanya,” Ungkap Indra.

Terkait hal mengenai perlunya Peraturan Gubernur sebagai legalitas melakukan pengiriman barang keluar daerah, menurut Indra hal tersebut sudah lengkap. Karena perusahaan tersebut telah memiliki IUP Khusus

“Perusahaan ini memilki IUP opk Khusus yang dikeluarkan gubernur dengan masa izin dari 2015 hingga 2035 bekerjasama dengan pihak semelter BBTS, jadi yang diolah adalah mineral ikutan dari IUP nya BBTS dimana IUP nya berlaku hingga 2027,” Tambah Indra

Sementara itu kepala KSOP Pangkalbalam Hasoloan Siregar mengatakan, hal ini terjadi karena pihaknya belum mengeluarkan surat izin berlayar (SIB), dikarenakan pihak perusahaan belum mengajukan permintaan berlayar dan belum ada syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIB yang diperlukan.

“Kendalanya kemarin hanya karena belum ada surat izin berlayar oleh KSOP, dan saat ini mereka lagi memohonkan itu. jadi nggak apa-apa, nggak ada masalah, Risikonya yah biaya operasional mereka membengkak karena menunda keberangkatan,” Kata Hasolan

Di Saat jumpa pers itu juga Turut hadir pihak Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Kabid Distribusi. (*RN/Ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.