Kelompok Mahasiswa KKN UBB di Desa Air Jukung, Mulai Lakukan Giat

0
403

RedBabel, Bangka – Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UBB 2019, terbagi beberapa kelompok. Salah satu kelompok ditempatkan di Desa Air Jukung dan Mantung kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Mahasiswa UBB yang melakukan Kuliah Kera Nyata di Desa ini berjumlah tiga puluh (30) orang. Nantinya mereka akan melakukan pengabdian di tengah-tengah masyarakat selama empat puluh (40) hari. Mereka akan melaksanakan beberapa program kerja, diantaranya program pembuatan tambak, ekowisata hutan mangrove, pengololahan buah mangrove dan kegiatan Indonesia bersih.

Di desa ini, program kerja yang menjadi unggulan kelompok mahasiswa KKN UBB yaitu pembuatan tambak air payau. Pembuatan tambak dilakukan sebagai solusi bagi nelayan jika air laut dalam keadaan pasang dan tidak memungkinkan untuk melaut. Harapan masyarakat, dengan adanya tambak mereka dapat memanfaatkannya sebagai media budidaya air payau. Jenis ikan yang akan dibudidaya yaitu ikan nila salin dan ikan kakap.

Hari ini, Rabu pagi (18/07/2019), mahasiswa KKN bersama warga masyarakat mulai melakukan giat pembuatan tambak ikan. Antusiasme warga sekitar sangatlah besar dalam membantu mensukseskan program kerja mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang sengaja meluangkan waktu mereka demi membantu para mahasiswa untuk pembuatan tambak.

Feri selaku ketua kelompok nelayan desa tersebut mengharapkan pembuatan tambak ini berjalan dengan lancar tanpa kendala serta dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar jika pasang air laut datang.

“Nantinya tambak ini akan dijadikan objek ekowisata desa. Ekowisata ini nantinya akan menyediakan saung apung di atas tambak yang menjual olahan ikan nila dan ikan kakap yang dibudidaya. Sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam sembari menikmati hidangan ikan segar.” Ungkap Feri.

Dalam kesempatan yang sama Yeriko, ketua Tim KKN bagian Pengelolahan Tambak berharap, masyarakat dapat bekerjasama dalam mensukseskan program kerja ini dan menjadikan tempat ini sebagai terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

Harapan besar dari Tim KKN ini yaitu dapat mewujudkan tambak yang dicita-citakan nelayan serta menjadi ekowisata unggulan Bangka Belitung yang dijadikan sebagai rujukan desa-desa lain dalam pembuatan tambak. (*Erin/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.